twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 12 Januari 2021

Mahasiswa Culinary Art Sukseskan Gelaran Cooking Demo with Chef Nadya Ratri Aryani


Pho, Sup dari Vietnam yang Nan Eksotik dan Menggoda Selera Persembahan Chef Nadya Ratri Aryani

 

CHEF Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., Dosen Pengajar Culinary Tristar Group menggelar demo masak Pho (Vietnamese Beef Soup) yang menggoda selera di hadapan empat mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Siang. Acara Cooking Demo with Chef Nadya itu sendiri dilaksanakan di Laboratorium Praktik Culinary 2 Lantai 3, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (17/12/2020) silam.

 

Pho merupakan sup daging sapi dari Vietnam. Tampilannya nan eksotik tentu akan menggoda selera makan siapa pun terutama pecinta kuliner yang suka masakan khas dari Kawasan Asia Tenggara termasuk Vietnam.

 

Pho (Vietnamese Beef Soup) merupakan salah satu menu masakan dari Vietnam yang masuk kategori healthy food, karena kuah kaldunya sendiri lebih dominan dengan aroma kayu manis dan bunga cengkih, sehingga kuahnya lebih mirip seperti jamu tradisional,” terang Chef Nadya, sapaan akrabnya.


Bagi kalangan tertentu, Pho adalah salah satu menu makanan istimewa dari Vietnam yang cukup populer dan sangat disuka konsumen. Di Surabaya sendiri, Vietnamese Beef Soup (Pho) tersedia di beberapa restoran yang menawarkan menu-menu masakan khas dari Vietnam.

 

Selain restoran tertentu, sejumlah hotel berbintang di Surabaya juga menawarkan sajian kuliner ala Vietnam (Kawasan Asia Tenggara), yang punya cita rasa sensasional berkat olahan bumbu rempah-rempahnya serta teknik penyajiannya yang cantik dan eksotik.

 

”Masakan khas dari Vietnam ini pas banget untuk dicoba saat Anda berwisata kuliner bersama keluarga atau teman dekat demi mencicipi sensasinya yang luar biasa,” kata Chef Nadya seraya menambahkan, estoran tersebut menyajikan menu-menu masakan khas dari Vietnam dan Thailand.



Sementara itu demi mempercepat pekerjaan di kitchen, Chef Nadya pun mengajak empat orang mahasiswa Culinary Art yang hadir siang itu, untuk prepare bahan masakan, membersihkan bumbu, mencuci daging sapi, men-slice pentol bakso maupun menyiapkan kaldu daging (beef stock) untuk kuahnya.


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Pho (Vietnamese Beef Soup) antara lain tenderloin beef, garlic, onion, ginger, cinnamon, staranise, clove, salt, pepper dan sugar. Sedangkan untuk membuat stock-nya sendiri bahannya meliputi beef bones (sebaiknya disiapkan sejak H-1) dan aneka condiment.


”Selain itu masih ada sejumlah bahan pendukung yang lain yakni kweetiau, local basil, bean sprouts (kecambah/taoge), meat ball (bakso), lettuce, onion, leek, carrot, sauce, hoisine, oyster, sesame oil, hot chiu, fried garlic dan lime (jeruk nipis),” terang Chef Nadya Ratri Aryani di hadapan anak didiknya.

 

Idealnya, beef stock (kaldu daging sapi), sebaiknya disiapkan pada H-1 agar bumbu rempahnya benar-benar meresap sempurna dan daging sapi yang dimasak pun menjadi empuk.


Sedangkan untuk bahan yang lain, seperti irisan daging sapi, kecambah (taoge), daun selada, kweetiau, wortel, pentol bakso, lime, onion, garlic, leek cukup disiapkan pada hari H agar tampak segar saat Pho (Vietnamese Beef Soup) di-plating dan dihidangkan di atas meja display produk kuliner.


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar