twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 13 Januari 2021

Belajar Pudding Art Bersama Chef Lusiana dan Chef Dwi Mei Retnowati


Serunya Aksi Mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit Praktik Hias Pudding dengan Teknik Suntik  


SEBANYAK 20-an orang mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi yang diasuh Chef Lusiana dan mahasiswa Pastry Art Kelas Siang yang dibimbing Chef Dwi Mei Retnowati, dikenalkan cara menghias Pudding dengan Teknik Suntik (Pudding Inject), di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (16/12/2020) silam.


Untuk membuat kreasi Pudding (Jelly) Art atau yang biasa disebut Pudding Inject dengan alat suntik perlu ketrampilan khusus agar hasilnya eye catching. Tampilannya cantik dan menarik saat dilihat.


 

”Teknik seperti ini baru dikenalkan kepada mahasiswa Pastry Art Class yang mengikuti materi praktik Pastry Art dengan sub materi-nya sendiri adalah belajar Pudding (Jelly) Art. Sedangkan sub materi yang diajarkan sebelumnya adalah praktik membuat Bolu Batik dan Bakpao Karakter,” kata Chef Lusiana kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, belum lama ini.

 

Untuk belajar Pudding Inject, tambah Chef Mei, yang wajib disiapkan mahasiswa adalah bahan untuk masak pudding mulai jelly powder (terbuat dari rumput laut atau seaweed yang memiliki kadar serat pangan cukup tinggi, vitamin D dan Ca) sebagai base-nya.

 

Sementara itu pemakaian fruit acid berfungsi sebagai balanced color dan untuk background-nya sendiri bisa menggunakan Nutrijell ditambah agar-agar dan fresh milk  serta peralatan teknis berupa satu set alat suntik untuk menghias pudding-nya.

 

Demi menyiapkan pudding base-nya (berwarna bening), setelah bahan membuat pudding base dipanaskan, kemudian pudding base itu dimasukkan ke dalam wadah plastik transparan berukuran 5 x 10 cm2 atau bisa juga memakai wadah plastik yang ukurannya 6 x 12 cm2.

 

 saat praktik menghias pudding base pun tak terelakkan, meskipun mereka tampil secara individu dengan disupervisi langsung oleh Chef Lusiana dan Chef Mei. Dengan telaten kedua pengajar tersebut memberi tips bagaimana teknik menghias pudding base dengan jarum suntik yang sudah dibengkokkan (melengkung), bukan jarum suntik yang bentuknya masih lurus.


 

Menurut informasi teraktual dari pelaku industri perhotelan, lanjut Chef Lusiana, penyajian aneka kreasi pudding kekinian belakangan ini semakin tumbuh pesat. Dalam sebuah acara jamuan makan resmi (fine dinning) yang dikemas ala table manner, misalnya, aneka kreasi pudding biasanya disajikan sebagai menu makanan penutup (dessert) di hotel-hotel berbintang dan restoran yang buka layanan ala buffet.

 

”Sedangkan menu makanan pembukanya berupa bread & butter (BB), appetizer, kemudian disajikan menu aneka soup. Sementara itu menu utamanya (main course) bisa nasi atau kentang dengan lauk pauknya berupa daging ayam atau daging sapi,” ujar Chef Lusi, sapaan akrabnya.


Anda tertarik menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group dan ingin belajar Pudding (Jelly) Art, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group cq Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar