twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 31 Januari 2021

Memotret Aksi Seru Mahasiswa Praktik Masak Indonesian Cuisines di Graha Tristar


Dua Tim Mahasiswa Culinary Art Class Sukseskan Cooking Battle Buat Pesmol Ikan Gurami, Karedok dan Sambal Tomat Jeruk Limau

 

 

DEMI memupuk semangat berkompetisi di antara mahasiswa Culinary Art Class, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, Chef Nadya Ratri Aryani, menghelat cooking battle tiga menu masakan Indonesian Cuisines, yakni Pesmol Ikan Gurami, Karedok dan Sambal Tomat Jeruk Limau yang lezat rasanya, di Laboratoroium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (27/01/2021) pagi.

 

Pada pertemuan hari keempat itu, Chef Nadya membagi 13 anak didiknya menjadi dua tim, Mereka ditantang untuk masak tiga menu sekaligus dan mem-plating-nya sebelum kreasi masakan mahasiswa Culinary Art itu dikritisi oleh dosen pembimbing dari tiga aspek yakni tampilan dan kreativitas, tekstur serta cita rasanya.

 

Dalam cooking battle itu, baik tim A maupun tim B, berupaya keras untuk tampil all out demi menghasilkan kreasi masakan yang terbaik di hadapan dosen pembimbing. Masing-masing ketua tim pun tertantang untuk tampil prima terutama dalam pengorganisasian kerja di kitchen hingga proses mem-plating-nya.

 

Untuk masak menu pertama Pesmol Ikan Gurami, misalnya, masing-masing tim antusias menyiapkan bahan masakannya yakni Gurami (setelah dibersihkan sisi dan isi perutnya laly di-frying lebih dulu). Selanjutnya menyiapkan bumbu-nya, yakni red chilli dan leek di-slice sedangkan tomato-nya di-wedges.

 

Sementara itu peanut dan candlenut juga di-fry lebih dulu sebelum dihaluskan bersama irisan shallot, garlic, hot chilli utu, kemudian masukkan ke dalam wajan untuk ditumis dengan sedikit minyak goreng bersama pasta bumbu Pesmol Ikan Gurami yang sudah jadi. Lalu tambahkan juga bahan-bahan lain seperti tamarind water, palm sugar water, salt, pepper, lemon grass, salam leaf, basal leaf.

 

Setelah aroma bumbu Pesmol Ikan Gurami sudah berubah harum, barulah Anda masukkan Ikan Gurami yang sudah digoreng tadi ke dalam wajan dan biarkan bumbunya meresap ke dalam daging Gurami dan angkat jika kuah bumbu Pesmol Ikan Gurami itu reduce hingga tinggal 10-15 persennya.


Selanjutnya kedua tim masak menu kedua Karedok. Untuk membuat Karedok –sekilas mirip dengan Gado-Gado— bahan yang disiapkan lebih dulu adalah cabbage (di-slice), cucumber (di-peel dan diris tipis menjadi small disc), beansprout (di-clean), peanut, long bean di-slice dengan ukuran 1-2 cm dan tomato-nya cukup di-wedges saja.

 

Sementara itu bahan untuk membuat bumbu Karedok-nya sendiri terdiri dari garlic, hot chilli, aromatic ginger, tamarind water, palm sugar, salt, shrimp cake dan tambahkan juga local basil saat mencampur bumbu Karedok beserta aneka sayurannya.

 

Pekerjaan terakhir masing-masing tim adalah membuat Sambal Tomat Jeruk Limau sebagai condiment-nya. Bahan untuk membuat sambal tersebut adalah tomato, garlic, shallot, red chilli, hot chillim shrimp cake, jeruk limau dan salt. ”Sebelum dihalus, semua bahan tersebut di-fry lebih dulu.


"Saat Anda menghalus bahan-bahan tersebut, dengan menambahkan air perasan jeruk limau, maka aroma Sambal Tomat itu semakin menggoda selera makan. Masakan yang dihidangkan itu jadi semakin maknyusss,” pungkas Chef Nadya Ratri Aryani kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya.

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar