twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 25 Januari 2021

Keseruan Cooking Demo Indonesian Cuisines Bersama Chef Nadya Ratri Aryani


Ayam Panggang Khas Magetan yang Enak dengan Sambal Tomat & Lalapan, Cocok jika Disantap ala Makan Lesehan

 


KEPOPULERAN Ayam Panggang Khas Magetan yang disajikan bersama dengan Sambal Tomat dan Lalapan-nya untuk disantap ala makan lesehan, menginspirasi Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., untuk menggelar cooking demo menu masakan Indonesian Cuisines yang bertajuk Ayam Panggang Khas Magetan, Kamis (21/01/2021) pagi.

 

Acara Cooking Demo with Chef yang dihelat di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, pagi itu, dihadiri sekitar 10-an mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Pagi, yang sehari-hari dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani.

 

Sebagai salah satu warisan budaya kuliner Nusantara, Ayam Panggang Khas Magetan ini tiga hanya popoler di lidah orang Magetan dan sekitarnya, namun saat ini semakin meluas setelah dikenal oleh orang-orang yang berasal dari daerah lain di Jatim, Jateng, Jabar, DKI Jakarta dan Bali.


Mereka mengenal gurihnya Ayam Panggang Khas Magetan yang disajikan bersama dengan Sambal Tomat dan Lalapan-nya saat travelling ke daerah Magetan yang terkenal dengan objek wisata Telaga Sarangan, Taman Wisata Genilangit Poncol atau Mojesemi Park, dengan pemandangan nan eksotik.

 

Berkat kelezatannya itulah, maka salah satu masakan tradisional khas dari Magetan --dimasak di dapurnya yang sederhana, tungkunya dari tanah liat dan memanfaatkan kayu bakar dari pohon jati atau kayu jenis lainnya dengan tesktur keras demi menghasilkan pengapian yang lebih stabil-- itu bikin siapapun ketagihan dan ingin menyantapnya lagi ala makan lesehan, setiap kali datang ke kota kecil di Jatim tersebut.

 

”Oleh karena itu, masakan khas Ndeso dari daerah Magetan tersebut juga diapresiasi pihak akademik dan saya share langsung dengan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit dalam gelaran acara cooking demo. Namun dalam demo masak kali ini ayam yang akan dipanggang tidak ditusuk dengan bambu,” kata Chef Nadya Ratri Aryani kepada kru www.sekolahmasak,info di ruang kerjanya, Kamis (21/01/2021) siang, pekan lalu.

 

Sebelum praktik masak di kitchen, Chef Nadya, demikian ia biasa disapa, lebih dulu menjelaskan bahan yang dibutuhkan untuk masak Ayam Panggang Khas Magetan, yakni ayam utuh (yang sudah dibelah dadanya) lalu dibersihkan bulu halus dan isinya, dibentuk seperti butterfly (biasanya ditusuk dengan bambu dengan lebar 5 cm dan panjangnya sekitar 30-40 cm) dan dikasih perasan jeruk limau guna menghilangkan bau amisnya.

 

Selanjutnya membuat bumbu berbentuk paste berwarna kekuningan (termasuk kelompok Bumbu Jangkep). Bahan untuk membuat bumbunya sendiri terdiri dari shallot, garlic, kemiri, kunir, red chili, hot chili, tomato, bumbu kaldu ayam, white sugar, salt dan water. Bumbu dihaluskan sampai menyerupai pasta, lalu di-saute hingga keluar aromanya yang harum.

 

Selama proses sauté ayam utuh yang sudah dibentuk seperti butterfly dimasukkan ke dalam wajan selanjutnya bisa ditambahkan seasoning, white sugar dan water secukupnya, kemudian di-simmering dan dikasih perasan jeruk limau. Selama proses tersebut usahakan kuah bumbunya reduce hingga tinggal 10 persen saja.

 

Langkah terakhir adalah meng-grilling Ayam Panggang Khas Magetan yang sudah dibumbui tersebut selama 5-10 menitan. Aroma harum pun merebak saat Ayam Panggang Khas Magetan itu di-grilled di atas kompor pemanggang.

 

Sebelum Ayam Panggang Khas Magetan itu di-plating dan disajikan di atas meja display, Chef Nadya minta anak didiknya masak Nasi Putih dan membuat condiment berupa Sambal Tomat dan menyiapkan Lalapan-nya berupa daun selada segar (iceberg lettuce), irisan buah tomat dan mentimun. Lalapan ini sekaligus sebagai garnish-nya. Hmmm… sedap banget bro!

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar