twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 31 Januari 2021

Kehebohan Aksi Mahasiswa Belajar Teknik Menghias Classic Cakes di Graha Tristar


Mahasiswa Pastry Art Class Diajarkan Teknik Buat Black Forest, Opera Cakes, Tiramisu Cakes dan Red Velvet Cakes

 

BELAJAR Teknik Menghias Classic Cakes merupakan materi kedua yang diajarkan kepada mahasiswa Pastry Art Class, setelah sebelumnya mahasiswa dibekali materi Basic Cakes oleh Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Dwi Mei Retnowati pada pertemuan hari pertama praktik membuat Black Forest, Opera Cakes, Tiramisu Cakes dan Red Velvet Cakes, di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Rabu (27/01/2021) pagi.

 

Sesuai kalender akademik, materi Classic Cakes ini dijadwalkan selama tiga kali tatap muka. Setiap pertemuan, mahasiswa Pastry Art Class diajarkan praktik membuat empat resep kreasi Classic Cakes oleh dosen pembimbing.

 

Pada pertemuan hari pertama bersama Chef Mei, Rabu (27/01/2021) pagi, mahasiswa Pastry Art Class itu praktik membuat empat kreasi Classic Cakes dengan tampilan modern kekinian, yakni Black Forest, Opera Cakes, Tiramisu Cakes dan Red Velvet Cakes.

 

Pada tatap muka hari berikutnya, Selasa (02/02/2021) pagi, Chef Mei kembali mengajarkan anak didiknya cara membuat empat kreasi Classic Cakes yang berbeda dari sebelumnya, yakni Spiku, Yulong, Onbijiekoek dan Lamington Cake.


”Untuk menghias classic cakes tahapan pekerjaan memang sedikit lebih ribet dibanding saat Anda praktik membuat basic cakes,” terang Chef Dwi Mei Retnowati di hadapan anak didiknya, pekan lalu.

 

Sedangkan pada pertemuan hari terakhir, Rabu (03/02/2021) pagi, mahasiswa Pastry Art Class diajarkan membuat empat resep kreasi Classic Cakes lagi, yakni Cheese Cake Bake, Baked Alaska, Strawberry Layer Gateau dan Tropical Fruit Cake.

 

Sebelum praktik, Dosen Pengajar Pastry Art Class ini juga menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pengolahan dan cara menghias Classic Cakes di hadapan anak didiknya. Untuk itu, Chef Mei juga mengingatkan kembali dasar-dasar teknik pengolahan kue yang sudah diajarkan sebelumnya.

 

Untuk membuat Black Forest di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar, misalnya, mahasiswa diminta menyiapkan bahan-bahan untuk membuat adonan Chocolate Sponge dalam wadah berdiameter 20 cm dan di-bake pada suhu 180*C selama 30-35 menitan.

 

Bahan untuk membuat Chocolate Sponge sendiri terdiri dari egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cocoa powder, cornstarch, melted margarine, chocolate back forest paste, dan rum paste.


Sementara itu bahan untuk membuat Topping berupa fresh cream (di-whip seperti busa berwarna putih), sedangkan untuk menyiapkan Filling-nya sendiri bahannya meliputi dark cherry, sugar dan cornstarch.


Selain itu mahasiswa yang kebagian tugas membuat Black Forest juga diminta untuk membuat Sprinkle dari simple syrup dan rum mayers. Untuk garnish-nya sendiri, Anda bisa memanfaatkan buah red cherry dan membuat ornament cantik dari chocolate dark compound.

 

”Selain berjibaku membuat dua kreasi Black Forest, mahasiswa juga saya minta membuat dua kreasi Opera Cakes dan dua kreasi Tiramisu Cakes dengan tampilan kekinian. Untuk Red Velvet Cake sendiri cukup ditampilkan satu kreasi saja, sesuai dengan jumlah mahasiswa yang hadir pagi itu sebanyak 13 orang,” terang Chef Mei di ruang kerjanya.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar