twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 31 Januari 2021

Hebohnya Belajar Teknik Dasar Pengolahan Kue di Kitchen Pastry Food University Surabaya


 Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Tampilkan 15 Macam Kreasi Cakes yang Cantik, Menarik dan Elegan


SEBANYAK 15 kreasi cakes yang cantik, menarik dan berkelas ditampilkan mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria), usai praktik membuat tiga resep cakes, yakni Pandan Chiffon Cakes, Zebra Chiffon Cakes dan Strawberry Cotton Cakes bersama Chef Ita Suhervin dan asistennya Rana Ulfa Rahmadani. Belajar Teknik Dasar Pengolahan Kue (Cakes Basic) itu dihelat di Kitchen Modern Lantai 2 Food University Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Kamis (28/01/2021) siang.


Selama belajar Cakes Basic bersama Chef Ita, mahasiswa Pastry Art Class dikenalkan 15 resep aneka cakes, mulai Black Forest Cakes + Whipped Cream, Marble Pound Cakes hingga pertemuan hari terakhir membuat Pandan Chiffon Cakes, Zebra Chiffon Cakes dan Strawberry Cotton Cakes.

Praktik membuat 15 resep aneka cakes tersebut dilakoni mahasiswa Pastry Art Class dalam lima kali pertemuan di Kitchen Modern Food University Surabaya.Setiap kali tatap muka, mahasiswa diajarkan membuat tiga resep cakes. Mereka praktik secara individual di kitchen pastry tersebut dengan disupervisi dosen pembimbing bersama asistennya langsung.

Untuk sentuhan akhir, mahasiswa Pastry Art Class juga diajarkan bagaimana cara mem-plating, memberikan topping dan meng-garnish cakes dengan mint leaf, parsley, red cherry, tomato cherry, strawberry, memanfaatkan teknik dusting dengan white sugar powder atau dikasih ornament yang bahannya dari dark chocolate compound atau white chocolate compound.

”Berbagai upaya untuk menghias cake ini semua agar produk pastry itu tampilannya cantik, menarik dan elegan, sebelum cake yang hasil kreasi mahasiswa tersebut ditampilkan di atas meja display,” kata Chef Ita Suhervin, kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Kamis (28/01/2021) pagi.

Chef Ita lalu memberikan contoh Pandan Chiffon Cakes yang diberi topping dari whipped cream, red cherry, fresh fruit, ornament dari dark chocolate compound serta memanfaatkan teknik dusting dari chocolate powder, maka tampilannya Pandan Chiffon Cakes yang di-garnish oleh Wulan Cahya, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar, luar biasa keren.

Praktik individual membuat aneka cakes di kelas eksklusif ini menuntut kemandirian dari masing-masing personel mahasiswa. Dari 15 mahasiswa Pastry Art Class yang hadir kebagian job sendiri-sendiri. Misalnya, untuk membuat Pandan Chiffon Cakes, dikerjakan sendiri-sendiri oleh lima mahasiswa.

Begitu juga lima mahasiswa lainnya yang ditugasi membuat Zebra Chiffon Cakes, juga bekerja secara individual di Kitchen Pastry Food University Surabaya. Sedangkan lima mahasiswa yang terakhir diminta membuat lima kreasi Strawberry Cotton Cakes, dengan tampilan sesuai kreativitas masing-masing mahasiswa. Produk pastry yang dibuat mahasiswa itu tetap mengacu pada standar mutu di industri perhotelan.

Demi membuat Pandan Chiffon Cakes yang berkualitas, bahan yang diperlukan adalah egg yolk, sugar, egg white, cream of tar, sugar, cake flour, baking powder, salad oil, fresh milk dan pandan paste. Untuk garnish-nya sendiri dibutuhkan fresh milk untuk membuat whipped-nya dan buah red cherry.

Adonan Pandan Chiffon Cakes setengah jadi dimasukkan ke dalam Chiffon Form berdiameter 20 cm, Adonan tersebut lalu di-bake pada suhu 180*C selama 40-45 menitan. Selama proses pengovenan, usahakan Pandan Chiffon Cakes-nya mengembang, hasilnya bukan yang bantat atau mengempis.

”Selain saya ajarkan membuat Pandan Chiffon Cakes, mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar, juga tampil percaya diri saat praktik membuat Zebra Chiffon Cakes dan Strawberry Cotton Cakes, di Kitchen Modern Food University, demi menghasilkan produk pastry yang memenuhi standar industri perhotelan,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar