twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 31 Januari 2021

Baking Demo with Chef Vivi Liong di Kitchen Pastry Tristar Manyar Surabaya


 Setelah Tampilkan Sincia Ox Tartlet, Giliran Selanjutnya Persembahkan Chai Kwee (Choi Pan) yang Tasty


SETELAH sukses menampilkan Sincia Ox Tartlet, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria), Chef Vivi Liong S.Pd., M.MPar., kembali mempersembahkan Chai Kwee (Choi Pan) yang tasty, pada gelaran baking demo di Kitchen Pastry Tristar Manyar Kampus Food University Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Kamis (28/01/2021) pagi.


Masih dalam suasana menyambut perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 12 Februari 2021 mendatang, pernak pernik Imlek yang menghiasi tampilan Chai Kwee (Choi Pan) –berasa gurih (savoury taste)—itu masih mewarnai gelaran baking demo yang dihelat pada Kamis (28/01/2021), pekan lalu.

”Saya tetap konsisten untuk selalu tampil all out saat baking demo membuat Chai Kwee (Choi Pan), kue tradisional khas Tiongkok yang rasanya gurih dengan tampilan modern kekinian,” ujar Chef Vivi Liong kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya.

Selama gelaran baking demo tersebut, Chef Vivi juga melibatkan sekitar 15-an mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar yang hadir pagi itu. Harapannya, setelah mengikuti gelaran baking demo ini mahasiswa bisa mencoba membuat sendiri Choi Kwee (Chai Pan) yang tasty tersebut.

Untuk membuat Choi Kwee (Chai Pan) yang tasty rasanya, ada beberapa tahapan pekerjaan yang wajib diperhatikan. Pekerjaan tahap pertama membuat Skin-nya dulu, Bahannya sendiri terdiri dari rice flour, tapioca flour, salt, hot water dan vegetable oil.

Pekerjaan berikutnya adalah menyiapkan Filling-nya. Bahan untuk membuat filling meliputi vegetable oil, dried shrimp (ebi) (di-soak dulu baru di-chop), garlic dicincang, sedangkan bangkuang di-grated, salt, pepper, sugar, red chilli dan green onion juga sama-sama di-chop.

Sebelum Choi Kwee (Chai Pan) dikukus sekitar 15-20 menitan, skin yang sudah jadi diisi filling dan dicetak dengan alat cetak pastel, lalu ditaruh di nampan dan diatasnya dilapisi daun pisang yang telah diolesi vegetable oil agar tidak lengket. Begitu juga selama proses pengukusan (di-steam), Choi Kwee (Chai Pan) tersebut juga disemprot vegetable oil sampai rata.

Perlakuan ini memudahkan handling-nya saat Choi Kwee (Chai Pan) diambil dari kukusan maupun saat mem-plating dan memberi garnish agar dalam penyajiannya nanti tampilannya semakin cantik, menarik dan berkelas.  Cita rasa Choi Kwee (Chai Pan) jadi tasty banget jika dihidangkan bersama Bangkok Sauce.

Untuk membuat Bangkok Sauce, bahannya terdiri dari red chilli, garlic dan water di-blender. Untuk saus bumbunya sendiri memanfaatkan bahan seperti vegetable oil, tomato sauce, chilli sauce, water, lemon juice, honey dan salt pepper.

Semua bahan itu di-saute sampai aromanya harum kemudian dihaluskan. Saus bumbu yang sudah dihaluskan tersebut kemudian dicampur jadi satu dengan red chili, garlic dan water yang sudah di-blend kemudian dimasak hingga matang.

”Sebelum disajikan bersama Choi Kwee (Chai Pan), saya coba cicipi dulu dengan memberi Bangkok Sauce resep dari Chef Vivi. Hmmm sedapnya. Sesasi rasanya kena banget,” puji Chyntia Halim, mahasiswi Pastry Art Class dengan mengangkat dua jempolnya, di sela baking demo tersebut.

Happy Chinese New Year. Gong Xi Fat Cai 2021 …

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar