twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 24 Januari 2021

Asyiknya Belajar Food Technology di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar


Chef Rachma dan Chef Ernawati Ajak Mahasiswa Pastry Art Class Buat Red Guava Juice untuk Bisnis Rumahan

 

SEKITAR 30-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi dari dua kelas yang berbeda, dibekali teknik membuat Red Guava Juice untuk bisnis rumahan, di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (21/01/2021) pagi. Mereka dibimbing langsung oleh Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Rachma Nur Devianti S.TP., M.MPar dan Chef Ernawati M.MPar.

 

Sebelum praktik Food Technology Appications pada pertemuan kali pertama, pagi itu, Chef Rachma maupun Chef Ernawati menerangkan Teknik membuat Red Guava Juice untuk bisnis skala rumahan (home industry) kepada anak didiknya di kelasnya masing-masing.

 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Red Guava Juice terdiri dari red guava, sugar, CMC, malic acid, water, essence guava, pink colour dan botol plastik ukuran 200 ml untuk kemasannya.

 

Dipilihnya Red Guava untuk membuat juice skala industrial karena hasil pertanian ini mudah didapat lantaran cukup melimpah di pasaran. Selain itu, Red Guava juga tersedia sepanjang waktu tanpa mengenal musim.

 

”Kelebihan ini tentunya memberi jaminan bahwa Red Guana Juice bisa diproduksi secara teratur dan berkesinambungan tanpa takut suplai bahan bakunya tersendat karena alasan tidak lagi musimnya,” kata Chef Rachma Nur Devianti, di hadapan mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi.

 

Selain itu, tambah Chef Ernawati, Jambu Biji Merah (Red Guava) ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, kecantikan dan bisa meningkatkan imunitas tubuh. Sedikitnya ada delapan keutamaan buah Red Guava, yakni mencegah kanker, meningkatkan imunitas tubuh, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, melancarkan saluran pencernaan, mencegah dan mengatasi diabetes.

 

”Tidak hanya itu, kalau Anda mengonsumsi Red Guava ini secara teratur manfaatnya bagi tubuh bisa mencegah dema berdarah, menyehatkan mata dan menyehatkan kulit. Sehingga cocok untuk menjaga kebugaran dan kecantikan,” terang Chef Ernawati kepada mahasiswa Pastry Art (P2) Akpar Majapahit Kelas Pagi.

 

Sementara itu dari analisis kandungan gizi untuk setiap 100 gram Red Guava yang diterbitkan USDA, maka buah Jambu Biji Merah ini banyak mengandung 68 Kalori (kcal), 1 gram lemak (dengan rincian0,3 gram lemak jenuh, 0,3 gram lemak tak jenuh ganda, 0,1 gram lemak tak jenuh tunggal, kolesterol 0 mg), Natrium 2 mg, Kalium 417 mg, karbohodrat 14 gram (dengan rincian serat pangan 5 gram dan gula 9 gram).

 

”Jambu Biji Merah terbukti juga memiliki kadar protein 2,6 gram, vitamin A 624 IU, Kalsium 18 mg, vitamin C 228, 3 mg, zat besi  0,3 mg, vitamin B6 0,1 mg, dan Magnesium 22 mg,” kata Chef Ernawati seraya menambahkan bahwa USDA adalah Departemen Pertanian Amerika Serikat (United State Department of Agriculture) yang bermarkas di Washington DC.

 

Demi mendapatkan manfaat lebih banyak dari Red Guava, maka tak ada salahnya jika Anda pun membuat Red Guava Juice kelas premium untuk bisnis rumahan dengan modal biaya yang relatif terjangkau. Cara membuatnya pun cukup sederhana. Buah Jambu Biji Merah (Red Guava) dibersihkan kulit dan bijinya, lalu di-blender sampai halus.


Saat dimasak di atas kompor, Jambu Biji Merah yang sudah di-blender itu ditambahkan sejumlah bahan pendukungnya seperti sugar, water, CMC, malic acid, essence guava dan pink colour sebagai pewarna minuman tersebut sambil terus diaduk merata hingga Red Guava Juice tersebut matang.


”Sebelum dimasukkan ke dalam botol plastik transparan berukuran 200 ml sebagai kemasannya, maka Red Guava Juice itu sebaiknya didinginkan lebih dulu sekitar 30-45 menitan. Untuk usaha komersial di botol plastik kemasan bisa ditempelkan etiket dan nama produk agar tampilannya cantik dan menarik,” terang Chef Rachma kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, kemarin.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar