twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 28 September 2021

Melihat Keseruan Mahasiswa Belajar Pengolahan Kue Tradisional Bersama Chef Renny

Mahasiswa Pastry Art Class Antusias Praktik Buat Onde-onde, Nagasari, Pastel dan Bongko Mento yang Keren


PADA pertemuan hari ketiga, Selasa (14/09/2021) pagi, sekitar 13-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang dibimbing Chef Renny Savitri M.Par., tampil antusias demi membuat empat kreasi kue tradisional, yakni Onde-onde, Nagasari, Pastel dan Bongko Mento, di Laboratorium Praktik Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Praktik membuat empat resep jajan pasar tersebut merupakan materi praktik pengolahan kue tradisional hari ketiga yang wajib dilakoni mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit. Materi praktik buat kue tradisional dipungkasi pada Kamis (15/09/2021), di mana mahasiswa diajarkan membuat empat kreasi jajan kue tradisional lagi yakni Lapis Beras, Sosis Solo, Panada (kue tradisional khas daerah Manado) dan Kue Bugis yang legit.


13-an mahasiswa Pastry Class itu masing-masing kebagian tugas membuat Onde-onde (satu kelompok), Nagasari (satu kelompok), Pastel (satu kelompok) dan Bongko Mento (satu kelompok), sesuai panduan teknis di Buku Ajar (Silabus) yang telah diberikan kepada mahasiswa.


Dari empat resep yang dipraktikkan pada Selasa (14/09/2021) pagi itu, ternyata Onde-onde yang menjadi daya tarik sebagian besar anak didik Chef Renny. Bukan karena membuat Onde-0nde itu paling cepat proses memasaknya, melainkan karena jajanan khas dari daerah Mojokerto, mendapat atensi khusus ketika proses menggorengnya.


”Tekniknya gunakan api kecil saat menggoreng Onde-onde yang seluruh permukaannya ditaburi biji wiji (sesame seed) agar matangnya merata dari luar hingga isi berupa kacang hijau di dalamnya. Itu ditandai warna kecoklatan saat matang dan ada bunyi othok-othok jika Onde-onde itu dikocok,” kata Chef Renny Savitri memberikan tips kepada mahasiswa.


Tiga materi praktik yang lain juga diatensi oleh mahasiswa Pastry Art Class, yang kebagian tugas membuat Nagasari, Pastel dan Bongko Mento. Mereka pun tampil antusias saat bekerja di kitchen demi menampilkan produknya yang terbaik. Onde-onde dan Nagasari merupakan kue tradisional berasa manis (sweet taste), sedangkan Pastel dan Bongko Mento rasanya asin gurih (savoury taste).


Durasi membuat empat olahan kue tradisional itu sekitar tiga jam –mulai pukul 09.00-12.00 WIB, sejak prepare bahan baku, proses memasak hingga menyajikannya di meja display produk, sebelum produk olahan hasil kreasi mahasiswa itu dinilai dan dievaluasi oleh Dosen Pengajar.

 

Materi praktik membuat empat kreasi kue tradisional, yakni Onde-onde, Nagasari, Pastel dan Bongko Mento, yang diajarkan kepada mahasiswa Pastry Art Class itu termasuk kelompok Dessert (Makanan Penutup).

 

Masih menurut Chef Renny, teknik pengolahan kue tradisional Indonesia memang sedikit ribet dibandingkan dengan kue modern kekinian yang dipelajari mahasiswa sebelumnya, mulai Bread, Cup Cake, Pie, Tartlet, Muffin dan terakhir Produk Adonan Berlapis seperti Croissant, Danish dan Puff Pastry.

 

Namun demikian jika Anda tertarik untuk melestarikan kue tradisional (aneka jajanan pasar) ini –karena memang banyak dijual di pasar-pasar tradisional— juga tidak ada salahnya, mengingat eksistensi jajan pasar belakangan malah naik daun.

 

”Kue tradisional dengan tampilan kekinian itu sekarang mulai banyak disajikan di hotel-hotel berbintang, saat sarapan (breakpast) secara prasmanan, makan siang (lunch) hingga jamuan makan malam (dinner) dan jajan pasar pun kini bersanding sejajar dengan kue-kue modern lainnya,” ujar Chef Renny Savitri kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

nda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar