twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 30 September 2021

Aksi Seru Praktik Masak Aneka Menu Catering Bersama Chef Ari Purwantoro

Dua Tim Beradu Kreasi Plating Usai Masak Ayam Goreng Kalasan, Sambal Goreng Krecek dan Urap-Urap


SEBANYAK 12-an mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang terbagi dalam dua tim, harus berjibaku di kitchen demi masak tiga menu ala Catering, yakni Ayam Goreng Kalasan, Sambal Goreng Krecek dan Urap-Urap. Kedua tim saling beradu kreasi plating, seusai praktik masak hari kelima yang dihelat di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3, Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (22/09/2021).

 

Mahasiswa Culinary Art Class yang tergabung dalam Tim 1 maupun Tim 2, sama-sama tampil all out untuk menampilkan sajian masakan terbaiknya di hadapan Chef Ari Purwantoro, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit.

 

Enam personel Tim 1 yang dimotori Cynthia Florencya Irena pagi itu antusias masak Ayam Goreng Kalasan, Sambal Goreng Krecek dan Urap-Urap, di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Sedangkan enam mahasiswa lainnya yang tergabung sebagai anggota Tim 2 yang dikomandani Steven, juga tampil penuh percaya diri demi masak tiga menu ala Catering tersebut.


Selama gelaran cooking battle tersebut, Chef Ari, sapaan karibnya, memberikan batasan waktu bekerja di kitchen maksimum 90 menit, ketiga menu itu sudah tersaji cantik di meja uji untuk dinilai dan dievaluasi oleh Dosen Pengajar.

 

”Praktik masak menu ala Catering itu sendiri dimulai pada pukul 09.00 hingga 10.30 WIB. Durasi masak tersebut tidak lebih dari 90 menit. Tiga masakan itu sudah tersaji dengan tampilan cantik, menarik dan berkelas di meja display,” kata Chef Ari di hadapan anak didiknya yang meramaikan acara cooking battle tersebut.

 

 

Demi masak Ayam Goreng Kalasan yang lezat, baik Tim 1 maupun Tim 2, harus berjibaku di kitchen guna menyiapkan sejumlah bahan masakan, yang meliputi chicken pejantan, coco water, vetsin, salt, candlenut, garlic, coriander, palm sugar, salam leaf, dan lemon grass.

 

Sementara itu untuk membuat salsa-nya sendiri, bahan masakan yang dibutuhkan adalah shallot, tomato, palm sugar, red chili, hot chili, shrimp cake, tamarind, salt dan sugar sebagai seasoning-nya.

 

Kedua tim juga kerja ekstra keras di kitchen demi mempersembahkan sajian Sambal Goreng Krecek yang pedas-pedas enak. Bahan masakan yang disiapkan lebih dulu adalah krecek (rambak kerbau), soybean cake, soybean curd, grated coconut milk, shallot, garlic, red chili, hot chili, galangal, salam leaf, tamarind, palm sugar, salt dan shrimp cake.

 

Sementara itu demi masak Urap-Urap yang sedap, baik Tim 1 maupun Tim 2 tetap berupaya menunjukkan penampilan terbaiknya dengan menyiapkan bahan masakan yang terdiri atas long bean, cabbage, bean sprout, cassava leaf, coconut (di-grated lebih dulu), red chili, hot chili, shallot, coriander, aromatic ginger, kaffir leaf, salt dan palm sugar.

 

”Saya juga menugaskan kedua tim untuk menanak nasi. Pasalnya, Nasi Putih itu juga di-plating bersama dengan tiga menu masakan tersebut. Sehingga, tampilannya semakin lengkap karena makanan yang tersaji mengandung unsur karbohidrat, lemak dan protein,” terang Chef Ari kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, pekan lalu.

 

Demi mempercantik tampilan saat ketiga menu ala Catering itu dihidangkan di atas meja uji, Chef Ari pun memberikan beberapa sentuhan akhir saat kedua tim mem-plating hasil kreasi masakannya agar tampilan masakan itu semakin cantik, menarik dan berkelas. Good jobs Bro & Sis! Amazing performance


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar