twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 22 September 2021

Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Sukseskan Gelaran Acara Baking Demo

Dari Kitchen Graha Tristar, Chef Sulistianto Dinoto Persembahkan Carrot Cake in Jar dan Strawberry Charlote Cake nan Cantik dan Elegan

 

DOSEN TAMU dari PT Gandum Mas Kencana (Colatta Chocolate), Chef Sulistianto Dinoto yang akrab disapa Chef Dino, dihadirkan kali pertama pada gelaran bertajuk Baking Demo with Chef yang dihelat di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (22/09/2020) pagi.

 

Gelaran acara baking demo ini dibagi dua sesi. Sesi pagi, pukul 09.00-12.00, diikuti 20-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit (dua Kelas Pagi). Sedangkan Sesi Siang pukul 13.00-16.00, juga dihadiri 20-an mahasiswa Kelas Pastry Art Akpar Majapahit (dua Kelas Siang).

 

Oleh Chef Dino, mahasiswa yang hadir pada Sesi Pagi diajarkan membuat dua kreasi cakes kekinian, yakni cara Carrot Cake in Jar dan Strawberry Charlote Cake nan cantik, elegan dan superenak rasanya. Dua kreasi cakes modern tersebut merupakan produk premium persembahan dari Colatta Chocolate.

 

”Teknik membuat kedua kreasi cakes kekinian itu yang sekarang kami share kepada mahasiswa,” kata Chef Dino di dampingi Chef Renny Savitri M.Par (Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit) dan Darmawan Tejo Sangsongko (Technical Advisor Coordinator East Region PT Gandum Mas Kencana). Hadir di tengah-tengah mahasiswa adalah General Manager East Region PT Gandum Mas Kencana Indah Yunita dan Marketing Lilik Zubaidah.


Sebanyak 20-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit iyang hadir pada Sesi Pagi berasal dari Kelas Pagi (Kelas A-1 dan A-2). Mahasiswa Pastry Art Class itu sehari-hari diasuh oleh Chef Dwi Mei Retnowati S.Si dan Chef Renny Savitri M.Par.

 

Selama baking demo tersebut, mahasiswa Pastry Art Class diajarkan sekaligus praktik langsung bagaimana teknik membuat dua kreasi cakes kekinian yang cantik penampilannya, elegan dan lezat tentunya.

 

Untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan di kitchen, Chef Dino, sapaan akrab Dosen Tamu dari Colatta Chocolate itu membagikan panduan singkat tentang cara membuat dua resep cakes kekinian kepada mahasiswa. Chef Dino bersama mahasiswa Pastry Art Kelas Pagi, sudah prepare di Laboratorium Praktik Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar sejak pukul 09.00 WIB.


Ketika demo membuat dua kreasi cakes kekinian itu, Chef Dino menerangkan apa saja bahan dan peralatan yang dibutuhan, tahapan pekerjaan dan memprosesnya hingga dua kreasi cakes tersebut siap untuk di-garnish dan disajikan di atas meja uji.

 

Pekerjaan tahap pertama menyiapkan bahan untuk membuat Carrot Cake in Jar. Bahan A terdiri dari tepung protein sedang, baking soda, baking powder, kayu manis bubuk dan pala bubuk.

 

Sedangkan Bahan B meliputi telur, Haan Palm Sugar, gula pasir, garam dan cake emulsifier.  Sementara itu Bahan C-nya sendiri terdiri adalah wortel parut, kacang mede (yang sudah di-chopped dan halfbaked) dan kismis juga telah di-chopped.

 

Cara membuat Carrot Cake in Jar adalah sebagai berikut: (1). Nyalakan oven 180*C dan siapkan loyang ukuran 28x28 cm, alasi dengan baking paper. (2). Campur dan ayak Bahan A, sisihkan.

 

Selanjutnya (3). Kocok Bahan B hingga mengembang dengan kecepatan tinggi. (4). Tambahkan secara bertahap bahan kering yang sudah diayak sambil diaduk hingga rata dengan kecepatan rendah.

 

(5). Masukkan Bahan C lalu aduk rata. Tuang minyak sambil terus diaduk sampai rata. (6). Tuang adonan ke dalam loyang panggang selama 30 menitan atau sampai matang, Angkat dinginkan.

 

Pekerjaan berikutnya membuat Vanilla Syrup. Bahannya terdiri dari air, gula dan vanilla. Campur dan didihkan semua bahan lalu dinginkan. Tahapan pekerjaan terakhir adalah menyiapkan Cream Cheese Icing Filling.

 

Bahan untuk membuat Cream Cheese Icing Filling meliputi cream cheese, Haan Fiesta Icing Sugar, Colatta White Compound Cair, lemon juice, Haan Whiptopp dan ice water.

 

Untuk proses finishing-nya sendiri maka potong Carrot Cake dengan ring cutter sesuai ukuran Jar. Kemudian basahi dengan simple syrup. Susun Carrot Cake in Jar, masukkan cream ke dalam Jar. Lalu tambah Carrot Cake, ulangi tiga kali (tiga layers cream dan dua Carrot Cake). Selanjutnya tambahkan topping lakreiva crumber dan fondan bentuk carrot sebagai hiasannya. Simpan dalam chiller.

 

Resep cake kedua, mahasiswa diajarkan membuat Strawberry Charlote Cake. Bahan untuk membuat cake kekinian ini dibagi dalam tiga kelompok. (1). Bahan membuat Biscuit Cuilerre, (2). Bahan membuat Strawberry Bavaroise dan (3). Bahan membuat Strawberry Compote.

 

Bahan untuk membuat Biscuit Cuilerre adalah putih telur, gula, kuning telur, tepung terigu protein sedang, Haan Maizena dan Haan Fiesta Icing Sugar. Sedangkan bahan untuk membuat Strawberry Bavaroise terdiri dari susu cair, gula, kuning telur, Colatta White Compound Cair, ice water dan strawberry puree. Terakhir adalah membuat Strawberry Compote. Maka bahan yang dibutuhkan adalah strawberry purre, gula, air, air lemon dan Haan Maizena + air.

 


Untuk proses finishing-nya, maka (1). Siapkan ring 18 cm, tambahkan Biscuit Cuilerre melingkar dalam ring, (2). Tambahkan bagian dalamnya dengan Biscuit Cuilerre yang bulat. Olesi dengan vanilla simple syrup.


Kemudian (3). Isi dengan Strawberry Bavaroise. Ulangi dua kali, simpan dalam freezer, (4). Siram atasnya dengan Strawberry Compote. Terakhir (6). Tambahkan topping whippingcream dan buah strawberry segar. Good jobs Chef! Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga.  (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar