twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 11 September 2021

Belajar Buat Kue Tradisional di Kitchen Modern Food University Bersama Chef Ita Suhervin

Adopsi Resep Leluhur, Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Praktik Buat Loenpia Semarang Dua Varian, Basah dan Kering



SEKARANG giliran mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A dan Kelas B praktik membuat Loenpia Semarang, salah satu kue tradisional khas hasil perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia yang popularitasnya bertahan hingga era millenial. Selama praktik di Kitchen Modern Lantai 1 Food University Indonesia (FUI) Jl. Raya Manyar Kertoarjo No, 74 Surabaya, Jumat (10/09/2021) pagi, mahasiswa di dampingi Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group Chef Ita Suhervin.

 

Loenpia Semarang merupakan makanan semacam rollade yang pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah.

 

Makanan tradisional yang berisi rebung, telur dan daging ayam atau udang dibungkus dengan kulit loenpia ini disuka banyak kalangan karena selain cocok untuk camilan juga menjadi buah tangan atau oleh-oleh khas dari daerah Semarang, untuk keluarga, kerabat atau teman.

 

Kini Loenpia Semarang sangat mudah ditemukan di ibukota Provinsi Jawa Tengah. Dari penelusuran www.sekolahmasak.info, ada lima lokasi yang loenpianya terkenal lezat, yakni (1). Loenpia Gang Lombok, yang merupakan salah satu pelopor kue tradisional ini di Semarang. Rasa otentik udang yang tercampur rebung semakin lezat dengan saus khasnya. Tokonya berada di Jl. Gang Lombok No. 11 Semarang.

 

(2). Loenpia Mbak Lien. Selain Loenpia Gang Lombok, Loenpia Mbak Lien juga salah satu loenpia yang legendaris di Semarang. Ciri khas Loenpia Mbak Lien berupa racikan daging ayam kampung dicampur dengan udang pada isiannya. Loenpia Mbak Lien berada di Gang Grajen Jl. Pemuda No. 1 Semarang.

 

(3). Loenpia Mataram yang buka warung di Jl. MT Haryono No. 533 A Semarang itu kali pertama buka usaha 1988 silam. Menawarkan berbagai variasi loenpia baik goreng maupun basah, daya tarik Loenpia Mataram pada sausnya. Pengunjung datang untuk menikmati kulit loenpia garing yang dicocol ke saus manis.

 

Berikutnya (4). Loenpia Cik Me Me atau Meliani Sugiarto yang buka gerai di Jl. Gajah Mada 107 Semarang. Ciri khas Loenpia Cik Me Me yaitu inovasi dan konsep modern pada Loenpia Semarang tanpa mengubah bahan baku utama. Sajian loenpianya bervariasi. Tidak hanya isian daging ayam dan udang, namun pengunjung bisa menikmati loenpia dengan filling daging kakap, kepiting, jamur dan lain-lain.

 

Terakhir adalah Loenpia Sari Rasa. Lokasi outlet-nya di Jl. Anjasmoro Raya No. 58, Karangayu Semarang. Loenpia ini murni buatan orang local Semarang, namun taste-nya tidak kalah dengan resep Tionghoa. Selain Loenpia Sari Rasa, ada lagi Loenpia Pak Sastro dan Loenpia 57 yang menggunakan resep non Tionghoa.

 

Dalam praktik kali ini, Chef Ita Suhervin mengadopsi resep warisan leluhur khas Loenpia Semarang asli yakni kulit loenpia, rebung muda (potong seukuran korek api tipis), dada ayam (dicincang), udang (juga dicincang), telur (orak arik), bawang Bombay (dicacah), daun bawang, saus tiram, kecap Inggris, kecap manis, gula pasir, kaldu bubuk dan minyak goreng.

 

Untuk bumbu halusnya sendiri memanfaatkan bawang putih, lada dan garam, sedangkan perekat kulit Loenpia Semarang terdiri dari tepung terigu dan air. Sementara itu untuk membuat saus bawangnya sendiri, bahan yang dibutuhkan adalah bawang putih, gula pasir, gula merah sisir, garam, air, maizena (dilarutkan dalam air).

 

”Terakhir, sebagai pelengkapnya adalah acar timun dan daun kucai secukupnya. Sebelum dihidangkan, saya minta Loenpia Semarang –baik yang basah maupun kering (goreng) itu di-plating lebih dulu agar tampilannya cantik dan menarik,” kata Chef Ita di dampingi asistennya, Rana Ulfa Ramadhani, di Kitchen Modern Lantai 2 Food University Indonesia (FUI) Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya.



Selain diajarkan praktik membuat Loenpia Semarang yang legendaris, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A maupun Kelas B, juga diajarkan membuat aneka kreasi kue tradisional dengan tampilan modern kekinian.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar