twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 29 September 2021

Aksi Seru Praktik Masak Aneka Menu Catering Bersama Chef Ari Purwantoro

Mahasiswa Culinary Art Kelas B-1 Pagi All Out Buat Sup Sosis, Ayam Kecap dan Ayam Goreng Saus Lemon   

 

PERTEMUAN hari pertama praktik masak menu ala Catering, yang bertepatan dengan Jumat (17/09/2021) pagi, mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi yang diasuh Chef Ari Purwantoro SSt.Par., MM., tampil all out demi membuat sajian Sup Sosis, Ayam Kecap dan Ayam Goreng Saus Lemon yang deliciously, di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3, Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Sekitar 12-an mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu berbagi tugas masak tiga menu ala Catering yang lezat dengan tampilan menarik, dengan disupervisi langsung oleh Chef Ari.

 

Tim 1 antusias masak Sup Sosis, Tim 2 fokus membuat Ayam Kecap dan Tim Tim 3 menyiapkan menu Ayam Goreng Saus Lemon. Selama masak tiga menu Catering tersebut, Chef Ari memberikan batasan waktu maksimum 90 menit, ketiga menu itu sudah terhidang cantik di meja display produk.


Demi masak Sup Sosis yang enak, Tim 1 harus berjibaku di kitchen guna menyiapkan sejumlah bahan masakan, yang meliputi garlic (di-chop lalu di-sautee), beef sausage (di-slice), potato (dipotong bentuk dice/paysave), green bean (di-dice), carrot (di-dice/paysave), celery (di-slice), chicken stock, salt & pepper.

 

Sedangkan Tim 2 juga bekerja keras di kitchen demi mempersembahkan sajian Ayam Kecap yang tasty. Bahan masakan yang disiapkan lebih dulu adalah broiler chick (dipotong small cube lalu di-deep fry), garlic (di-chop), ginger (diiris julienne), red chili (juga diiris julienne). Ketiga bahan ini lalu di-sautee + Chinese wine secukupnya, sebelum kompor di-turn off.


Sementara itu demi masak Ayam Goreng Saus Lemon yang deliciously, Tim 3 tampil penuh semangat menyiapkan bahan masakan yang terdiri atas chicken (di-slice lebih dulu), lalu tambahkan salt, pepper dan sugar secukupnya.

 

Selain itu anggota Tim 3 juga diminta Chef Ari membuat Batter yang bahannya meliputi egg white, tapioca, rice flour, custard powder, flour, baking powder dan tambahkan water secukupnya.

 

Mereka pun ditugasi membuat Saus Lemon. Untuk bahannya sendiri terdiri dari lemon fruit, water, yellow color dan sugar. Semua bahan tersebut di-boil. Selama di-boil lalu tambahkan cornstarch (tepung tapioka) secukupnya dan aduk sampai merata.


 

"Personel Tim 3 ini juga saya kasih tugas menanak nasi, sebab plating-an menu yang kedua ini yakni Ayam Kecap, cocok banget jika dipadupadankan dengan Nasi Putih,” kata Chef Ari Purwantoro kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya.

 

Sekitar 1,5 jam kemudian, tepatnya pukul 11.00 tiga menu masakan ala Catering itu sudah bisa di-plating sendiri-sendiri, sebelum masakan tersebut dinilai oleh Dosen Pengajar. Dengan tampilan menarik dan berkelas, maka praktik seperti ini mengajarkan mahasiswa untuk bebas berimprovisasi demi menarik perhatian pelanggan.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar