twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 19 September 2021

Memotret Keseruan Gelaran Cooking Demo di Kitchen Modern Graha Tristar

Lezatnya Bistik ala Catering, Alternatif Menu Wedding Party Persembahan Chef Ari pada Gelaran The Last Minutes

 

PADA hari Kamis (09/09/2021) lalu, Chef Ari Purwantoro menggelar acara The Last Minutes di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, dengan mempersembahkan Bistik ala Catering yang lezat. Sajian makanan kekinian ini sebagai menu alternatif dalam sebuah perhelatan The Wedding Party.

 

Sebanyak 10-an mahasiswa Culinary Art Kelas B-1 Pagi yang hadir pagi itu tampak antusias mengikuti acara demo masak kreasi Bistik kekinian berupa olahan Chicken Breast dan Beef yang diperkaya dengan seasoning asli Indonesia.

 

Mengingat orientasi dari materi praktik adalah menu Catering, maka bahan-bahan yang disiapkan juga diusahakan dari bahan lokal bukan impor dari mancanegara. Dengan demikian harga yang ditawarkan kepada kastemer juga tidak terlalu memberatkan dari sisi biaya Catering bagi penyelenggara pesta penikahan.

 

Misalnya, daging ayam bisa dicarikan ayam broiler (ayam potong) bukan ayam kampung. Sedangkan untuk daging sapinya sendiri, bisa dibelikan daging sapi lokal bukan yang impor dari Australia atau Selandia Baru. Kentang dan sayuran lainnya juga dari hasil pertanian lokal.

 

Resep masak Bistik ala Catering itu tidak ada di Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa. Sehingga, anak didik Chef Ari pun diminta mencatat resepnya dari A sampai Z, agar nantinya mereka bisa membuatnya sendiri di rumah.

 

Demo masak Bistik ala Catering itu diajarkan kepada mahasiswa Culinary Art Class sebelum mereka praktik masak aneka menu Catering yang cukup beragam dengan cita rasa yang enak tentunya dan aneka menu masakan itu biasa disajikan dalam acara pesta pernikahan.

 

Menurut Chef Ari, demi masak Bistik ala Catering tersebut, daging ayam broiler yang dipilih adalah bagian dada (chicken breast). Sedangkan untuk daging sapi sendiri pilihannya jatuh pada daging jenis tenderloin.

 

Sebelum olahan Bistik Ayam yang sudah ditaburi bread crumb secara merata itu digoreng, lebih dulu diberi keju lembaran sebagai filling-nya agar taste-nya benar-benar gurih dan lezat. Demikian pula saat membuat Bistik Daging Sapi yang sudah ditepungi dan dikasih seasoning selanjutnya bread crumb sampai merata lebih dulu, sebelum di-frying sampai matang sempurna.

 

Mahasiswa Culinary Art Class yang dilibatkan Chef Ari pagi itu juga tampil all out ketika menyiapkan bumbu dan bahan masakan demi membuat Sautee Mix Vegetables yang harum dan Mushroom Sauce dengan tekstur yang agak kental dan cita rasa yang enak pula.

 

Dalam gelaran The Last Minutes tersebut, Chef Ari yang meng-handle sendiri proses mem-plating Bistik ala Catering agar tampilannya tampak keren dan berkelas. ”Sajian Bistik ala Catering seperti ini cocok dipilih sebagai menu alternatif dalam sebuah gelaran The Wedding Party,” pungkasnya. Good jobs Chef …!

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar