twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 28 September 2021

Dari Praktik Masak Aneka Menu Catering Bersama Chef Nadya Ratri Aryani

Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Diajarkan Buat 30-an Menu Masakan ala Catering dalam 10 Kali Pertemuan   


 

TERHITUNG mulai Selasa (14/09/2021) pagi, 12 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., praktik masak 30-an menu ala Catering dalam 10 kali tatap muka, di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Selama pelajaran ini, mahasiswa belajar mengenai bagaimana cara memasak dalam jumlah banyak seperti pada pesta-pesta ulang tahun, pernikahan, peringatan acara-acara tertentu dan lain-lain. Praktik masak menu ala Catering itu meliputi menu-menu masakan yang sering ditemukan di pesta-pesta.

 

”Aneka menu ala Catering itu sendiri bisa Anda kreasi lagi jika kalian memang berminat untuk buka usaha jasa Catering secara komersial dari rumah. Pasalnya usaha kuliner tidak ada matinya sekalipun saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19,” cetus Chef Nadya kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, baru-baru ini.

 

Menu ala Catering itu bisa berupa masakan tradisional khas Indonesia, mengadopsi masakan dari negara lain yang sudah sangat familiar di sini (fusion food), seperti menu-menu masakan ala Oriental Cuisines (Chinese Food), Japanese Food, Middle Eastern Cuisines (Timur Tengah) atau Continental Cuisines (Western Food).

 

Para pertemuan hari pertama itu, mahasiswa Culinary Art Class diajarkan membuat tiga menu ala Catering yang lezat dengan tampilan menarik, yakni Sup Sosis, Ayam Kecap dan Ayam Saus Lemon. Selama praktik masak di kitchen, mahasiswa tersebut disupervisi langsung oleh Chef Nadya.

 

Mahasiswa pun tampil all out bersama Chef Nadya, demi masak Sup Sosis, Ayam Kecap dan Ayam Saus Lemon, yang lezat rasanya serta tampilannya cantik dan menarik.

 

Sekitar 12-an mahasiswa yang hadir pagi itu dibagi tiga tim, masing-masing tim yang beranggotakan empat orang. Setiap tim harus berjibaku di hot kitchen kampus, demi mempersembahkan tiga menu ala Catering yang lezat dan berkelas.

 

Sekitar dua jam kemudian, tepatnya pukul 11.00 masakan itu sudah bisa di-plating sendiri-sendiri, sebelum masakan tersebut dinilai oleh Dosen Pengajar. Dengan tampilan menarik, maka praktik seperti ini mengajarkan mahasiswa untuk bebas berimprovisasi demi menarik perhatian konsumen.

 

”30-an resep menu masakan ala Catering itu tersaji dalam Silabus (Buku Ajar) Culinary yang telah dibagikan pihak Akademik kepada mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi maupun Kelas Siang,” tandas Chef Nadya sapaan akrabnya.

 

Sementara itu pada tatap muka hari terakhir nanti, mahasiswa Culinary Art Class yang sehari-hari diasuh Chef Nadya, dibekali dengan teknik masak tiga menu makanan yang berbeda dari yang dipraktikkan sebelumnya, yakni Tahu Tek, Koloke dan Chicken Roll Egg, yang tasty dan deliciously.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar