twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 08 September 2021

Dari Keseruan Aksi Mahasiswa Praktik di Kitchen Modern Food University Indonesia

Chicken Cheese Puff, Es Teller Danish, Chicken Teriyaki Croissant hingga Apple Crumbble Danishes yang Berkelas, Kreasi Mahasiswa Tristar Manyar

 

GILIRAN 14 orang mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A dan Kelas B yang dibimbing Chef Ita Suhervin dan Chef Vivi Liong, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, mendapat tantangan untuk membuat aneka kreasi Croissant, Danish dan Puff Pastry kekinian, yang basic-nya dari Teknik Pengolahan Adonan Berlapis (Layer Dough).

 

Kreasi Croissant, Danish dan Puff Pastry itu juga wajib dihias secantik dan semenarik mungkin agar tampilannya tampak elegan dan berkelas karena ada penilaian langsung oleh tim juri yang terdiri dari Chef Ita dan Chef Vivi, akhir Agustus 2021 lalu. Kreasi mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticeria) itu di-display di Lobi Food University Indonesia Jl. Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya.

 

Di antara kreasi mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar tersebut adalah Chicken Cheese Puff, Es Teller Danish, Croissant Beef Cheese, Chicken Teriyaki Croissant, Ham & Cheese Croissant, Cream Fresh Puff Croissant, Apple Crumbble Danishes, Danish Cream Cheese Strawberry.

 

Wow! tampilan kreasi mahasiswa itu tampak keren-keren, elegan dan berkelas. Kami salut atas semangat kalian memenuhi tantangan ini,” puji Chef Ita dan Chef Vivi, yang siang itu dipercaya menjadi tim jurinya.

 

Sebelum mendapat tantangan dari Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, mahasiswa Pastry Art Class sudah diajarkan cara membuat 12-an kreasi Croissant, Danish dan Puff Pastry dengan Teknik Pengolahan Adonan Berlapis (Layer Dough).

 

Pada tatap muka hari pertama, misalnya, mahasiswa diajarkan cara membuat empat kreasi Croissant, yakni Sausage Croissant, Mushroom Croissant, Cheese Croissant, Croissant Sandwich, di Kitchen Modern Food University Indonesia (FUI).

 

Sedangkan pada pertemuan hari kedua, giliran mahasiswa diajarkan teknik membuat empat kreasi Danish yang keren, yakni Raisin Cinnamon Danish, Danish Square, Danish Pocket dan Danish Peach.

 

Sementara itu pada tatap muka hari terakhir, mahasiswa Pastry Art Class, kembali diajarkan teknilk membuat empat resep produk olahan adonan berlapis yakni Prawn in Puff, Fruit Railways, Cream Horn dan Picnic Roll.

 

Ketika membuat kreasi Croissant, Danish atau Puff Pastry yang superkeren, baik Chef Ita maupun Chef Vivi meminta anak didiknya memperhatikan step by step cara membuatnya agar hasilnya sesuai ekspektasi.

 

Selain itu demi memudahkan pekerjaan di kitchen, adonan untuk membuat kreasi produk adonan berlapis tersebut, sebaiknya juga di-blender jadi satu hingga kalis sebelum diproses lebih lanjut sesuai panduan di Buku Ajar (Silabus) dan arahan dari Dosen Pengajar Pastry Art Class.

 

Langkah tersebut demi mempercepat pekerjaan di kitchen, mengingat untuk membuat croissant butuh minimal tiga kali nge-roll adonan yang sudah kalis dan tiga kali pendinginan di mesin chiller, sebelum adonan (yang dibentuk seperti persegi atau oval sesuai panduan di Buku Ajar) itu ditaruh di mesin pengembang kue (proofer) selama 45 menitan dan akhirnya di-bake (mesin pengovenan) pada suhu 160 *C selama 20-25 menit.

 

Kreasi superkeren mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar tersebut dinilai dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasanya. Tiga kriteria penilaian itu mengacu pada Standard Operational Procedure (SOP) yang biasa diterapkan di industri perhotelan.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Kampus Tristar Group, Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar