twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 23 September 2021

Melihat Keseruan Mahasiswa Cooking on the Spot with Chef Eko Suryanto

Mahasiswa Baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Ramaikan Gelaran Cooking Battle di OOB Kitchen MaxOne Hotels Surabaya Tidar


SEBANYAK 16 mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry Art Class yang terbagi dalam dua tim, tampil percaya diri demi memenuhi tantangan Chef Eko Suryanto, meramaikan gelaran Cooking Battle di OOB Kitchen Lantai 2 MaxOne Hotels Surabaya Tidar, Kamis (23/09/2021) siang.


Kedatangan rombongan mahasiswa itu di dampingi Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Pengajar Accounting, Agus Sudarsono M.Par. Tiga orang kru Multimedia dari Tristar Group juga hadir untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan acara Cooking on the Spot with Chef di OOB Kitchen.

Maksud dan tujuan dari kunjungan industri mahasiswa baru Pastry Art Class Akpar Majapahit ini untuk meningkatkan passion mahasiswa yang kelak ingin menekuni Culinary Business (café & resto), buka usaha bakery (cake) shop atau berkarier di kitchen sebuah hotel berbintang.

Mereka juga dihadapkan pada kondisi riil di lapangan bahwa sistem kerja di kitchen itu butuh kedisiplinan, effort kerja yang tinggi, kebersamaan sebagai sebuah teamwork dan bisa membagi waktu serta memahami aspek hygiene & sanitation karena yang dijual kepada tamu adalah makanan dan minuman.

Sebelum mengikuti gelaran Cooking on the Spot with Chef Eko Suryanto, mahasiswa diterangkan secara singkat menu berikut bahan-bahannya apa saja yang akan dimasak, mulai Appetizer, Soup, Main Course hingga Dessert-nya.

Dasar-dasar Hygiene & Sanitation yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan juga diingatkan kepada kepada mahasiswa. Oleh karena itu, pihak OOB Kitchen –diwakili Food & Beverage Service (FBS) Manager Kasiadik pun menekankan bagaimana pentingnya aspek hygiene & sanitation karena yang dijual kepada tamu adalah makanan dan minuman.

Di masa New Normal seperti saat ini, misalnya, penerapan Protokol Kesehatan seperti penggunaan masker, face shield, hand sanitizer, hand glove (sarung tangan), personal hygiene (topi, baju dan sepatu chef) wajib dikenakan saat bekerja di OOB Kitchen.

Oleh karena itu dalam pengarahan singkatnya, Chef Eko Suryanto mengajak 16 mahasiswa baru Pastry Art Class yang dibagi dalam dua tim,  yakni Tima A (Agung dkk) dan Tim B (Andrij dkk), untuk fokus bekerja di kitchen sesuai job desk-nya masing-masing dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Selama bekerja di kitchen tidak boleh bicara sendiri-sendiri apalagi guyon, mahasiswa juga diminta tidak malu bertanya kepada chef on duty, disiplin mengatur waktu dan memperhatikan aspek hygiene & sanitation dengan memakai masker, face shield, sarung tangan, menggunakan hand sanitizer dan tetap menjaga jarak (physical distancing).

Dalam praktik masak yang dikemas ala cooking battle tersebut, Tim A (Agung dkk) berjibaku demi masak dua menu Continental Cuisines yang deliciously, yakni Spaghetti Carbonara dan Chicken Steak with BBQ Sauce, Sautee Mix Vegetables & Mass Potatoes.

Sedangkan Tim B (Andrij dkk) tampil all out demi mempersembahkan dua menu Asian Cuisines yang tasty, yakni Chicken Cream Soup dan Vietnamese Summer Spring Rolls with Bangkok Sauce (Lumpia Segar Vietnam).

Melihat empat menu yang dimasak kedua tim, Chef Eko Suryanto bisa memilah mana yang Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert-nya. Untuk Appetizer-nya adalah Vietnamese Summer Spring Rolls with Bangkok Sauce (Lumpia Segar Vietnam), sedangkan Soup-nya adalah Chicken Cream Soup.

”Sementara itu untuk Main Course-nya sendiri ada dua menu, yakni Spaghetti Carbonara dan Chicken Steak with BBQ Sauce, Sautee Mix Vegetables & Mass Potato,” kata Chef Eko, di sela mencicipi hasil kreasi masakan mahasiswa bersama Budi Setiono, General Manager (GM) MaxOne Hotels Surabaya Tidar dan FBS Manager Kasiadik.

Secara umum cita rasa (taste) hasil masakan kedua tim cukup baik, namun yang perlu diperhatikan juga adalah tekstur dan tampilan. Tampilan masakan usahanya cerah warnanya, misalnya Sautee Mix Vegetables yang yang di-handle Tim A, sedikit overcook saat men-sauteeing Baby Sweet Corn, Wortel dan Buncis.

Begitu juga saat menyiapkan bahan untuk masak Chicken Cream Soup, teknik memotong wortel oleh anggota Tim B, usahakan ukurannya seragam bentuknya dan bahannya tidak berlebihan sehingga mubazir.

Sedangkan saat anggota Tim B masak Vietnamese Summer Spring Roll with Bangkok Sauce, awalnya sempat tercecer waktunya, namun hasil akhirnya patut diacungi jempol karena mereka sukses menyajikan Appetizer ini mirip taste aslinya.

Selain itu, lanjut Chef Eko, saat Tim A masak Spaghetti Carbonara, noodle-nya juga kematangan sehingga tampilannya agak lumer. ”Saya juga melihat BBQ Sauce yang dibuat Tim A untuk melumuri Chicken Steak juga agak kecoklatan kurang cerah. Masih buth waktu untuk mahasiswa pemula belajar mengenal warna dari kematangan sebuah masakan mengurangi kasus overcook,” tukasnya.

Agung (Tim A) dan Andrij (Tim B) mengaku sempat nervous juga saat ditantang masak oleh Chef Eko Suryanto. Pasalnya, sebagai mahasiswa baru, kedua mahasiswa ini belum merasakan praktik masak di hot kitchen, karena saat ini baru diajarkan materi praktik aneka kreasi Pastry, bukan Culinary.

Namun kegalauan masing-masing tim perlahan sirna berkat kesabaran dan ketelatenan Chef Eko Suryanto membimbing mahasiswa baru itu demi mengenal lebih banyak teknik masak aneka menu makanan ala hotel berbintang.

Bahkan Head Chef MaxOne Hotels Surabaya Tidar ini juga menyinggung pentingnya mengkalkulasi Food Costing dan Cost Control, seperti yang juga diajarkan oleh Dosen Pengajar Accounting Akpar Majapahit.

Cooking battle tersebut hanya diberi durasi waktu tidak lebih dari 90 menit, sejak prepare bahan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating hasil masakan tersebut agar tampilannya keren, menarik dan berkelas.

Dalam kesempatan itu Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengajak anak didiknya untuk betul-betul memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. ”Selain untuk membiasakan praktik masak di kitchen kampus, saya juga ajak kalian praktik masak di kitchen restoran sebuah hotel berbintang. Pengalaman berbeda ini besar manfaatnya buat Anda setelah lulus kuliah nanti,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar