twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 30 September 2021

Kiat Sukses Tristar Group Membina Hubungan Baik dengan Sejumlah Mitra Usaha

Undang Chef Tamu, Mahasiswa Dikenalkan Produk Baru dan Diajarkan Teknik Buat Aneka Kreasi Cakes Kekinian yang Lagi Trending di Pasaran

 

LEMBAGA Pendidikan Tinggi Swasta Nasional, Tristar Group kini semakin berkembang pesat. Tristar Group yang berkantor pusat di Surabaya, kini telah mengepakkan sayapnya di Batu, Semarang, Tangerang, Bogor hingga Pontianak (Kalimantan Barat).

 

Di Surabaya sendiri, Tristar Group memiliki tiga kampus, yakni Kampus A (Tristar Jemursari/Akpar Majapahit), Kampus B (Tristar Manyar) dan Kampus C (Tristar Samator), dengan jumlah mahasiswa mencapai ratusan.


Semakin tumbuh kembang kampus yang fokus membuka Program Studi D3 Perhotelan, D3 Usaha Perjalanan Wisata, D3 Food & Beverage (F&B) Product, S1 Food Technology dan yang terbaru adalah Program Studi D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM), maka kemitraan dengan pihak kedua semakin intensif belakangan ini.


Salah satunya adalah bermitra dengan PT Gandum Mas Kencana (produsen Colatta Chocolate). Langkah perdana dari kerjasama itu diawali dengan kehadiran Chef Sulistianto Dinoto yang akrab disapa Chef Dino, pada gelaran bertajuk Baking Demo with Chef yang dihelat di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (22/09/2020) lalu.


Gelaran acara baking demo ini dibagi dua sesi. Sesi pagi, pukul 09.00-12.00, diikuti 20-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit (dua Kelas Pagi). Sedangkan Sesi Siang pukul 13.00-16.00, juga dihadiri 20-an mahasiswa Kelas Pastry Art Akpar Majapahit (dua Kelas Siang).


Oleh Chef Dino, mahasiswa yang hadir pada Sesi Pagi diajarkan membuat dua kreasi cakes kekinian, yakni cara Carrot Cake in Jar dan Strawberry Charlote Cake nan cantik, elegan dan superenak rasanya. Dua kreasi cakes modern tersebut merupakan produk premium persembahan dari Colatta Chocolate.


”Teknik membuat kedua kreasi cakes kekinian itu yang sekarang kami share kepada mahasiswa,” kata Chef Dino di dampingi Chef Renny Savitri M.Par (Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit) dan Darmawan Tejo Sangsongko (Technical Advisor Coordinator East Region PT Gandum Mas Kencana). Hadir di tengah-tengah mahasiswa adalah General Manager East Region PT Gandum Mas Kencana Indah Yunita dan Marketing Lilik Zubaidah.


 

Salah satu Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Renny Savitri M.Par yang dipercaya mewakili institusi untuk menjalin kerja sama dengan pihak kedua dan menggelar acara Baking Demo di kampus A (Tristar Jemursari).


”Acara semacam itu besar manfaatnya bagi mahasiswa, karena mereka tidak hanya mengenal satu produk sejenis saat praktik di kitchen kampus, melainkan ada produk substitusi yang kualitasnya 11:12 dengan yang dipakai selama ini. Jadi let’s so much go on…,” kata Chef Renny dalam bincang santai dengan kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Rabu (22/09/2021) siang.


Selain dikenalkan aneka produk chocolate kekinian oleh pihak PT Gandum Mas Kencana (Colatta Chocolate), mahasiswa Pastry Art khususnya, juga mendapat tambahan ilmu pengetahuan baru dari Guest Lecturer (Dosen Tamu) cq Chef Dino yang mendemonstrasikan teknik membuat dua kreasi cakes kekinian di kitchen kampus.  


Selain dengan Colatta Chocolate, mahasiswa juga proaktif mengikuti sejumlah acara Baking Demo di jaringan kampus di bawah Tristar Group bersama Chef Jeffrey Leonardo dari Elmer Premium Chocolate, produksi PT Federal Food Internusa.


Nah, saking dekatnya hubungan kemitraan dengan PT Federal Food Internusa, mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit (dari Kampus A Tristar Jemursari) pun diundang ke Elmer Baking Centre (EBC), Kawasan Pergudangan Fortune Tambah Sawah Sidoarjo pada akhir April 2021 silam.

Rombongan terbagi dalam dua sesi, yakni sesi pagi diikuti 16 orang mahasiswa dan sesi siang dihadiri 15-an mahasiswa. Kunjungan mahasiswa itu di dampingi tiga Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Renny Savitri, Chef Dwi Mei Retnowati, Chef Sari Palupi dan seorang asisten chef.

Kunjungan mahasiswa ke Elmer Baking Centre (EBC) saat itu semakin bermakna dengan hadirnya Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM., M.MPar., yang mengikuti rangkaian kehebohan acara Baking Demo with Chef Jeffrey Leonardo Tangka dari PT Federal Food Internusa, produsen Elmer Premium Chocolate. Inspiring Innovation. 

Untuk membuat aneka kreasi Assorted Sweet Bread dengan tampilan kekinian, mahasiswa dikenalkan Basic Dough oleh Chef Jeffrey, yakni membuat adonan Sweet Bun Dough di Elmer Baking Centre (EBC).

Materi praktik yang di-sharing oleh Chef Jeffrey itu merupakan materi praktik yang akan diajarkan kepada mahasiswa Pastry Art Class, setelah mereka diajarkan Pastry Basic, Teknik Dasar Pengolahan Roti Lean/Plain dan Teknik Dasar Pengolahan Roti Enriched, di Kampus Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Good jobs Chef! Congratulations

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silahkan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga.  (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar