twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 17 September 2021

Demi Menambah Wawasan dan Kreativitas Mahasiswa serta Inovasi Dosen Pengajar

Datangkan Dosen Tamu dan Chef Terkemuka dari Mancanegara, Tristar Group Mulai ”Go International”


TRISTAR GROUP berkomitmen untuk menghadirkan sejumlah Dosen Tamu (Guest Lecture) dari mancanegara, demi mengukuhkan diri sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Swasta di Surabaya yang mulai Go International. Meskipun saat ini dalam masa pandemi Covid-19, Tristar Group mendatangkan ahli-ahli dari luar negeri, untuk sharing experience dan knowledge kepada mahasiswa maupun jajaran Dosen Pengajar Tristar Group.


Presiden Direktur Tristar Group Ir Juwono Saroso MM., M.MPar mengatakan hal itu kepada kru www.sekolahmasak.info melalui layanan WhatsApp (WA), dari ruang kerjanya, Jumat (17/09/2021) malam.

Pada kelas internasional kali pertama, misalnya, Tristar Group menghadirkan Dosen Tamu (Guest Lecture) dari Italia, Chef Emmanuel. Chef Emmanuel mengajarkan teknik membuat Pasta & Pizza khas Negeri Spaghetti kepada mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticeria), sekitar April 2021 lalu.

Dosen Tamu (Guest Lecture) kali kedua dari Canada, Chef Kevin A. Cherkas. Executive Chef Cuca Restaurant di Jimbaran Bali itu dihadirkan sebagai pembicara kunci pada seminar internasional bertajuk Become a World Class Chef. The Step & Secret to Become a Culinary Star di Dafam Pacific Caesar Hotel Surabaya, Senin (07/06/2021) silam.

Selanjutnya pada gelaran kelas internasional kali ketiga, Tristar Group kembali menghadirkan Dosen Tamu (Guest Lecture) dari mancanegara. Kali ini kelas internasional Tristar Group bertajuk Wine Making & Food Pairing bersama Jordi Sanvicens Moreno, Consultant & Wine Maker berkebangsaan Spanyol.

 

Kehadiran Dosen Tamu (Guest Lecture) itu diharapkan bisa menambah wawasan dan cakrawala berpikir mahasiswa maupun Dosen Pengajar Tristar Group, sehingga output-nya mereka semakin berwawasan maju, kreatif dan inovatif. Dengan demikian mahasiswa lulusan Tristar Group kelak sukses dalam berbisnis meskipun masih dalam suasana pandemi.

”Tidak hanya menghadirkan pengajar bule saja, tapi kita juga akan mendatang chef-chef terkemuka dari Hongkong, Korea, Jepang, Timur Tengah dan lain-lain. Sementara itu agenda kegiatan studi banding mahasiswa ke luar negeri untuk saat ini ditangguhkan karena masih pandemi,” kata Juwono Saroso.

Masih menurut Presdir Tristar Group, pelaksanaan kelas internasional tersebut dihelat di Kampus C Tristar Samator Sky Suites SOHO-The Samator Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya, selama empat hari, mulai Selasa (14/09/2021) hingga Jumat (17/09/2021).

Sementara itu, oleh Jordi S. Moreno, mahasiswa Culinary Art dan Pastry Art Tristar Group (Trestelle Accademia Culinaria e Pasticeria) yang hadir pada hari kedua sampai hari terakhir, Jumat (17/09/2021) kemarin, diajarkan cara membuat minuman anggur yang berkualitas dalam acara bertajuk Wine Making & Food Pairing di Kampus C Tristar Group, Sky Suites SOHO-The Samator Surabaya.

Varietas tanaman anggur dan lokasi penanaman memegang peranan penting dalam pembuatan Wine (minuman anggur) berkelas dunia. Wine produksi Spanyol beda taste-nya dari Wine keluaran Prancis dan Italia,

Ketiga negara Eropa itu punya sejumlah perkebunan anggur terkenal yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pengolahannya lengkap dari yang klasik hingga modern. Wine produksi dari ketiga negara itu punya kelebihan masing-masing.

Dalam kesempatan itu mahasiswa juga diajarkan etika perjamuan terutama bagaimana cara men-taste minuman anggur sebelum anggur itu disajikan kepada tamu (How to Taste Wine) dan bagaimana tata cara menyajikan minuman anggur pada tamu atau undangan VIP (How to Serve Wine) dalam sebuah acara perjamuan makan resmi.

Dengan demikian mahasiswa bisa memahami bagaimana teknik penyajian Wine Service (How to Serve Wine) dalam sebuah acara perjamuan makan resmi (Fine Dining), yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

Seperti diketahui bahwa Wine (anggur) merupakan minuman elegan dan eksklusif, yang disajikan dalam sebuah acara perjamuan makan resmi di kalangan atas, mulai pengusaha, kelompok jet set hingga Kepala Negara (Raja).

Pengertian Wine secara umum adalah minuman beralkohol alami dari proses fermentasi buah anggur. Sampai saat ini wine (anggur) di pasaran dibedakan empat kelompok, yakni Red & White Wine, Champagne atau Sparkling Wine, Rose Wine dan Portified Wine.

Untuk mengetahui Wine yang berkualitas, Anda bisa membaca dari labelnya. Misalnya, wine produksi Jacob Creek Winery dari Australia, buah anggur varietas Shiraz, ditanam di perkebunan Barossa Valley, buah anggur itu dipanen pada 2002 lalu, volume 750 ml (termasuk tujuh standard drink dan mengandung 12,5 persen alkohol).

Sementara itu, Wine dengan merek Gerard Bertrand Red Wine, berasal dari buah anggur varietas Merlot D’Oc, yang ditanam di perkebunan SPH Gerard Bertrand Chateau Narbonne, South of France.

Buah anggur itu dipanen pada 2017 lalu, volume 750 ml (termasuk tujuh standard drink dan mengandung sekitar 14 persen alkohol). Anggur merah produksi Prancis itu diimpor langsung oleh PT Aska Indoco Jakarta. Dibandrol per botolnya sekitar Rp 500 ribuan. Red Wine ini cocok untuk pemula karena rasanya fruity, medium body dan tidak sepat di lidah orang Indonesia. Jadi produk ini sangat direkomendasikan!

Mengingat harganya yang tidak murah, pemesan minuman anggur di sebuah hotel berbintang pun memperoleh pelayanan istimewa, sejak tamu itu memesan Wine, teknik membuka tutup botol anggur yang masih tersegel hingga cara menyajikannya mendapat perlakukan khusus karena ini menyangkut prestige tamu dan hotelnya sendiri.

Untuk praktik Wine Tasting, salah satu mahasiswa (diposisikan sebagai host) ditutup matanya oleh Jordi S. Moreno dan anggur yang sudah dituang di gelas piala selanjutnya diminta untuk dicium aromanya. Setelah yakin aroma anggur itu sesuai pesanannya, barulah penutup mata itu dibuka kembali dan yang bersangkutan dipersilakan mencicipi Wine tersebut.

Selanjutnya saat praktik Wine Dining Service, Jordi S. Moreno juga memberi contoh tata cara menyajikan Wine kepada tamu atau undangan VIP. Tentu saja sebelum Wine itu dituangkan di masing-masing gelas piala, waiter/waitress spesial penyaji anggur, minta ijin lebih dulu kepada host-nya, seraya menunjukkan etiket Wine yang tertempel lengkap pada botol minuman anggur tersebut apakah sudah sesuai pesanan.

Selain itu teknik menuangkan Wine di gelas pun harus ekstra hati-hati. Jangan sampai menetes dan jatuh di meja perjamuan makan resmi. Makanya, penyaji Wine di tangan kirinya terpasang celemek (napkin) putih yang dipakai untuk menyerap sisa Wine yang ada di bibir botolnya agar tidak menetes.

Untuk menambah semarak acara jamuan makan resmi, host pun mengajak tamu bersulang bersama untuk menikmati Wine yang sudah tersaji di meja makan. Cheers. Good jobs Bro & Sis. Congratulations …!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di jaringan kampus Tristar Group dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar