twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 28 September 2021

Belajar Teknik Pengolahan Kue Tradisional Bersama Chef Dwi Mei Retnowati

Mahasiswa Pastry Art Class Diajarkan Buat 16 Kreasi Kue Tradisional Kekinian dalam Empat Kali Tatap Muka


SEBANYAK 13 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang diasuh oleh Dosen Pengajar Pastry Chef Dwi Mei Retnowati, giliran diajarkan membuat 16 kreasi kue tradisional kekinian dalam empat kali tatap muka, di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Dari 16 macam kreasi kue tradisional itu, sembilan di antaranya berasa manis (sweet taste), yakni Kue Mangkuk, Bolu Kukus Mekar, Terang Bulan, Bika Ambon, Kue Karamel, Onde-onde, Nagasari, Lapis Beras dan Kue Bugis. Sedangkan tujuh sisanya berasa asin gurih (savoury taste) meliputi Risoles, Kroket Kentang, Martabak Telur, Pastel, Bongko Mento, Sosis Solo dan Panada (roti goreng isi ikan tuna dari Manado).


Menurut Chef Mei, teknik pengolahan 16 jenis kue tradisional Indonesia ini diajarkan kepada mahasiswa Pastry Art Class selama empat hari sejak Selasa (07/09/2021) hingga Rabu (15/09/2021) lalu, di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya.


Materi praktik kue tradisional yang diajarkan kepada mahasiswa Pastry Art Class ini untuk mengapresiasi keberadaan kue tradisional warisan leluhur yang mampu bertahan hingga sekarang dan mulai banyak dilirik sejumlah pengelola hotel berbintang di Surabaya.


Bahkan keberadaan kue tradisional (jajan pasar) belakangan lagi naik daun karena sejumlah hotel berbintang di Surabaya juga men-display aneka kue tradisional ini dengan tampilan cantik dan menarik sebagai pelengkap sajian dessert-nya, saat gelaran breakfast (sarapan) maupun lunch (makan siang) bagi tamu hotel.


Dari 16 jenis kue tradisional yang dipraktikkan mahasiswa Pastry Art Class, ada satu materi baru yang disisipkan untuk diajarkan kepada mahasiswa, yakni Lapis Beras (warna Merah Putih).


”Sebelum ditransfer kepada mahasiswa, materi baru ini saya ujicoba lebih dulu. Setelah hasilnya saya nilai sudah oke dan layak, baru saya ajarkan kepada mahasiswa pada pertemuan hari terakhir, Rabu (15/09/2021) lalu,” ujar Chef Dwi Mei Retnowati kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, baru-baru ini.


Sementara itu pada tatap muka hari ketiga, Selasa (14/09/2021) pagi, Chef Mei berbagi ilmu dengan anak didiknya seputar cara membuat empat kreasi kue tradisional, yakni Pastel, Onde-onde, Bongko Mento dan Nagasari.


Untuk membuat Pastel ala Pastel khas dari daerah Jatiroto (Jatim) yang renyah di luar dan lembut isinya, sedikitnya ada tiga tahapan pekerjaan yang harus dilakoni mahasiswa. Pekerjaan tahap pertama, menyiapkan skin-nya. Resep untuk membuat skin bahannya terdiri dari white margarine, medium flour, salt dan warm water.


Pekerjaan selanjutnya adalah membuat filling-nya Ini membutuhkan bahan seperti garlic, shallot, ground beef, glass noodle (bihun), carrot (dipotong brunoise), salt, pepper, nutmeg, celery, sesame oil dan boiled egg.


Skin yang sudah diisi lalu ditutup kembali sehingga tampilan Pastel-nya membentuk setengah lingkaran. Selanjutnya Pastel itu di-frying di atas wajan penggorengan yang sudah diisi minyak goreng (cooking oil) sebanyak dua literan. Angkat jika Pastel itu sudah matang sempurna yang ditandai dengan warnanya kecoklatan.


Selain diajarkan membuat Pastel yang berasa gurih (savoury taste), mahasiswa Pastry Art Class juga praktik membuat Onde-onde, Bongko Mento dan Nagasari. Setelah empat kreasi kue tradisional itu jadi, barulah masing-masing tim mem-plating dan meng-garnish empat kue tersebut agar tampilannya semakin keren. Good jobs Bro & Sis! Congratulations


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar