twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 15 September 2021

Dari Kehebohan Praktik Masak American Cuisines di Kitchen Modern Graha Tristar

Dua Tim Mahasiswa Culinary Art Sukseskan Gelaran Adu Kreasi Plating Masakan Shrimp Corn Chowder, Grilled Tuna with Pineapple Sauce & Paella 



UNTUK kali kesekian Chef Thomas Denny, Master Chef of Hibachi Teppanyaki yang akrab disapa Chef Thomas, menggelar adu kreasi plating tiga menu masakan American Cuisines, yakni Shrimp Corn Chowder, Grilled Tuna with Pineapple Sauce & Paella, dengan tampilan cantik, menarik dan elegan.


Aksi heboh mahasiswa saat bekerja di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (03/09/2021) pagi itu mendorong masing-masing tim untuk bekerja keras demi menampikan hasil olahan makanan yang terbaik ala restoran terkenal di sebuah hotel berbintang.

 

Chef Thomas kembali hadir pada pertemuan hari kedelapan untuk berbagi ilmu cara masak tiga menu masakan American Cuisines bersama 12 orang mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-2 Pagi. Anak didik Chef Thomas pun tampil penuh semangat ketika bekerja di hot kitchen kampus, demi masak Shrimp Corn Chowder, Grilled Tuna with Pineapple Sauce & Paella yang superenak.


Praktik masak tiga menu makanan American Cuisines kali ini masih menitikberatkan pada teknik pengolahan sari laut (seafood) saat masak Shrimp Corn Chowder, juga mengajarkan bagaimana teknik Grilled Tuna with Pineapple Sauce yang mengundang selera dan membuat Paella dengan tampilan modern dalam satu setu menu.

 

Sehari sebelumnya, Kamis (02/09/2021) pagi, mahasiswa Culinary Art Class telah dibekali Chef Thomas teknik masak Seafood Kebab with BBQ Sauce, Caesar Salad & Sautee Baby Potato yang superlezat, di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar.

 

Sebanyak 12 mahasiswa Culinary Art yang hadir pagi itu dibagi dalam dua kelompok untuk menyukseskan gelaran cooking battle. Chef Thomas pun meminta masing-masing kelompok berbagi tugas demi masak Shrimp Corn Chowder, Grilled Tuna with Pineapple Sauce & Paella, dengan durasi sekitar 90 menitan.

 

Mengingat praktik masak tersebut antarkelompok diadu siapa yang terbaik, maka mereka pun termotivasi untuk tampil percaya diri demi mempersembahkan plating-an yang terbaik saat masakan (tiga set menu yang terdiri dari Appetizer/Salad, Main Course dan Dessert) tersebut disajikan di meja display produk masakan.

 

Sementara itu untuk masak Shrimp Corn Chowder, yang gurih taste-nya, maka sejumlah bahan masakan yang disiapkan terdiri atas shrimp, cooking oil, salt, onion, cayenne pepper, ground cumin, paprika, tabasco, butternut squash, potato, corncob, water, cream, frozen peas dan chicken stock (kaldu ayam).

 

Sedangkan masakan berikutnya membikin Grilled Tuna with Pineapple Sauce (Salad)-nya yang segar. Bahannya meliputi salad oil, lemon juice, scallion, tuna, pineapple, onion, red bellpepper dan hot chili. Tuna yang sudah dibersihkan di-grilled di atas mesin pemanggang hingga masak sempurna.

 

Tahapan pekerjaan terakhir adalah membuat Paella. Untuk masak Paella yang superenak, maka bahan masakan yang dibutuhkan antara lain onion, garlic, jalapeno, tomato, salad oil, rice, cumin, green peas, beef sausage dan beef bacon.

 

Chef Thomas pun memberi kebebasan pada anak didiknya untuk berekspresi ketika waktunya mem-plating ketiga menu masakan American Cuisines tersebut. Hal ini agar tampilannya semakin cantik, menarik dan elegan, seperti penyajian makanan restoran terkenal di sebuah hotel berbintang di Surabaya dan sekitarnya.


Aksi seru mahasiswa masak tiga menu American Cuisines bersama Chef Thomas Denny pagi itu juga disaksikan dua orang tamu dari Colatta Chocolate yang berkunjung ke Kampus A Tristar Group. Saat tour campus, tamu istimewa tersebut di dampingi Chef Renny Savitri M.Par., Dosen Pengajar Pastry Art Class Akpar Majapahit.


Selama bekerja di kitchen, baik dosen pengajar maupun mahasiwa wajib mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) yang disyaratkan pemerintah, yakni mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, memakai double masker, hand glove, face shield dan ruang praktik diasapi dengan disinfektan.

 

”Saya pun tiada pernah lelah untuk mengingatkan mahasiswa agar mematuhi penerapan Prokes ini dengan sebaik-baiknya, demi memutus mata rantai Covid-19 di lingkungan kampus,” pungkas Chef Thomas. Good jobs Chef! Congratulations ….

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar