twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 10 September 2021

Baking Demo Seru di Kitchen Modern Food University Bersama Chef Vivi Liong

Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas B Antusias Diajarkan Teknik Buat Moon Cake yang Cantik dan Elegan

  

KESERUAN gelaran Baking Demo membuat Kue Bulan (Moon Cake) bersama Chef Vivi Liong, ditunjukkan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas B di Kitchen Modern Lantai 1 Food University Indonesia (FUI) Jl. Raya Manyar Kertoarjo No, 74 Surabaya, Jumat (10/09/2021) pagi.

 

Kue Bulan (Moon Cake) merupakan salah satu kue tradisional orang-orang Tionghoa yang cukup legendaris. Makanan tradisional ini menjadi sajian wajib pada Perayaan Pertengahan Musim Gugur (Mid-Autumn Festival) setiap tahunnya.

 

Sudah menjadi tradisi bahwa setiap tahunnya Kue Bulan (Moon Cake) menjadi makanan khas dalam perayaan tersebut. Camilan dengan rasa manis ini umumnya diberikan kepada keluarga, teman dan saudara terdekat.

 

Di Indonesia, Kue Bulan (Moon Cake) biasanya dikenal menurut namanya dalam Bahasa Hokkian yaitu Gwee Pia atau Tiong Chiu Pia, sedangkan dalam Bahasa Hakka (Khek), Kue Bulan disebut Ngiet-Piang.

 

Keunikan Kue Bulan (Moon Cake) ini dikreasi kembali oleh Chef Vivi Liong, Dosen Pastry Art Tristar Group bersama anak didiknya di Kitchen Modern Trestelle Accademia Pasticeria, dengan tampilan kekinian yang cantik dan elegan serta lezat tentunya.

 

Resep untuk membuat Kue Bulan (Moon Cake), membutuhkan sejumlah bahan kue yakni white sugar, water, simple syrup, lemon juice, tepung beras ketan, vegetable oil, pasta halus tausa (siap pakai) dan sari bunga jeruk Bali. Jangan luga, siapkan juga alat cetakannya! Cara membuat Kue Bulan (Moon Cake) sendiri ada dua pilihan, yakni dipanggang (bake) dan yang tidak dipanggang.

 

Menurut Chef Vivi, eksistensi Kue Bulan (Moon Cake) hingga saat ini tidak tergoyahkan sekalipun aneka produk kue dan roti desain kekinian terus dikenalkan kepada konsumen. Kue tradisional Tionghoa ini bahkan boleh disejajarkan dengan kue dan roti kekinian karena citarasa dan tampilan kue tradisional warisan leluhur tersebut bisa diterima semua lapisan.

 

”Tidak hanya Moon Cake, aneka kue tradisional Indonesia pun belakangan juga sudah masuk dan di-display bersama menu-menu utama yang lain untuk melengkapi jamuan makan siang ala prasmanan (lunch buffet) di restoran terkemuka dan hotel-hotel berbintang,” ujar Chef Vivi bangga.

 

Oleh karena itu, demi memikat tamu hotel mencicipi kue tradisional yang disajikan bersama sejumlah dessert yang lainnya, maka tampilan kue tradisional harus dibuat atraktif dan ditata semenarik mungkin seperti halnya tampilan kue dan roti kekinian saat disajikan di restoran terkenal maupun hotel-hotel berbintang di Surabaya dan sekitarnya.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar