twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 15 September 2021

Dari Keseruan Praktik Masak American Cuisines di Kitchen Modern Graha Tristar

Lezatnya Seafood Kebab with BBQ Sauce, Caesar Salad & Sautee Potato Baby Persembahan dari Mahasiswa Culinary Art Kelas B-1 Pagi 


MAHASISWA Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi mempersembahkan Seafood Kebab with BBQ Sauce, Caesar Salad & Sautee Potato Baby yang lezat, usai praktik masak tiga kreasi menu masakan American Cuisines pada hari ketujuh, Jumat (03/09/2021) pagi, di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Praktik masak tersebut disupervisi langsung oleh Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahir, Chef Ari Purwantoro. Saat praktik. 10-an mahasiswa Culinary Art (Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi, yang hadir pagi itu tampil antusias demi mempersembahkan tiga kreasi menu masakan American Cuisines yang tasty & deliciously dengan tampilan berkelas layaknya penyajian makanan di hotel berbintang.

 

”Praktik masak kali ini, saya mengenalkan teknik masak Seafood Kebab with BBQ Sauce, Caesar Salad & Sautee Potato Baby yang tasty & deliciously. Praktik masak hari ketujuh ini masih menekankan teknik pengolahan sari laut (seafood),” kata Chef Ari kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Jumat (03/09/2021) pagi.

 

Demi masak Seafood Kebab with BBQ Sauce yang gurih taste-nya, maka sejumlah bahan masakan yang disiapkan terdiri dari snapper (dipotong cube), prawn (whote), cuttle fish (dipotong ring dan dibersihkan) onion, pineapple, bamboo skewer (tusuk sate dari bambu).  

 

Selain itu, mahasiswa yang kebagian tugas masak Seafood Kebab with BBQ Sauce (Tim 1) juga diminta membuat BBQ Sauce-nya. Untuk membuat saus yang satu ini, maka bahan yang dibutuhkan meliputi onion, garlic, green hot chili, water, tomato ketchup, chilli sauce, smokie BBQ sauce dan worchestershire sauce.


Sedangkan mahasiswa yang menjadi anggota Tim 2, ditugaskan untuk membuat Caesar Salad. Bahannya untuk membuat salad (appetizer) terdiri dari anchovy (di-chop lebih dulu), homemade mayonnaise lalu di-mixed bersama balsamic vinegar, dijon mustard baru romaine (iceberg lettuce) dimasukkan bersama fried garlic dan parmesan. Selanjutnya Caesar Salad yang tampak fresh tersebut sudah bisa di-plating di atas piring.


Sementara itu menu American Cuisines yang terakhir, yakni Sautee Potato Baby dimasak oleh mahasiswa yang tergabung dalam Tim 3. Bahan untuk membuat Sautee Potato Baby terdiri atas garlic, onion, baby potato (dibersihkan lebih dulu baru di-steam), spring onion dan tambahkan salt & pepper secukupnya untuk menambahkan taste pada olahan masakan tersebut. Baby potato yang di-sautee aromanya harum banget!


Selama bekerja di kitchen, baik dosen pengajar maupun mahasiwa wajib mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) yang disyaratkan pemerintah, yakni mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, memakai double masker, hand glove, face shield dan ruang praktik diasapi dengan disinfektan. Good jobs Bro & Sis …!


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar