twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 13 September 2021

Keseruan Praktik Fine Dining di Mariposa Restaurant Best Western Papilio Surabaya

Mahasiswa Cruise Manyar C Class Persembahkan Satu Set Menu Lengkap Western Food ala Restoran Terkenal

 

SEBANYAK 12 mahasiswa Tristar Cruise Manyar C Class yang sehari-hari diasuh Chef Hartono, antusias mengikuti gelaran Kitchern on the Spot di Mariposa Restaurant Lantai 7 Best Western Papilio Hotel Jl, Raya A. Yani No. 176-178 Surabaya, Kamis (02/09/2021) lalu.


 

Dalam kunjungan industri tersebut, kedatangan rombongan mahasiswa Cruise Manyar C Class yang dipimpin Kaprodi Perhotelan Tristar Group R Paulus W. Soetrisno M.Par disambut Food & Beverage (F&B) Director Best Western Papilio Rudy Hartono dan Executive Chef Suro Hartoyo di Kitchen Mariposa Restaurant.

Mahasiswa Cruise Manyar yang hadir pagi itu adalah Rininta Oktavira Kristanti, Muhammad Rafi Naufal, Eka Wahyu Wildani Putri, Kariszha Serafin, Sherina Bayoe Alda Aninditya, Virginia Shafitri, Bella Dewinta Nuradini Burfa, Antonius Junior Winarso, Wandoko Sungkowo Yudo, Njoo Cristopher Budiyanto, Zulkarnaen Fikiansyah Waluyo dan Zydan Prima Alzahri.

 

Kedatangan mahasiswa Tristar Cruise Manyar tersebut demi memenuhi tantangan dari Chef Suro Hartoyo masak satu set menu lengkap Western Food untuk menyukseskan acara fine dining. Oleh Chef Suro, mahasiswa hanya diberi waktu 90 menit berjibaku di hot kitchen hotel berbintang tersebut, sejak prepare bahan, proses memasak hingga mem-plating hasil masakan tersebut sebelum disajikan di acara jamuan makan resmi ala restoran terkenal.

Sebelum praktik masak di Kitchen Mariposa Restaurant Lantai 7 Best Western Papilio Hotel Surabaya, Chef Suro mem-briefing lebih dulu peserta pelatihan cruise untuk menekankan bahan dan bumbunya apa saja dan tahapan teknik memasaknya bagaimana.

Mahasiswa juga diingatkan bagaimana kiat dan strategis membagi waktu saat bekerja di kitchen, mengingat durasi masak satu set menu Western Food itu tidak lebih dari 90 menit. ”Salah satu kuncinya adalah 12 mahasiswa itu dibagi dalam empat tim kecil, di mana tim 1 meng-handle Appetizer (Salad), tim 2 fokus membuat Soup, tim 3 harus bekerja ekstra demi menyiapkan Main Course dan tim 4 tampil all out demi membuat Dessert-nya yang superenak,” kata Chef Suro Hartoyo.

Virginia dan Sherina yang dipercaya sebagai leaders berbagi tugas bersama rekannya untuk membuat satu set menu fine dining untuk jamuan makan siang (lunch) yang terdiri dari Appetizer (Salad), Soup, Main Course dan Dessert.

Mendapat tantangan dari Chef Suro, saya dan teman-teman tetap percaya diri, karena sebelumnya sudah terbiasa mengikuti irama kerja di kitchen kampus. Kami hanya butuh adaptasi sebentar dengan suasana kerja di hot kitchen hotel bintang empat ini,” ujar Virginia dan Sherina, seusai praktik masak tersebut.

Pasalnya, sebelum mengikuti tantangan masak di hotel berbintang, mahasiswa Tristar Cruise Manyar, sudah di-training secara intensif oleh instruktur bagaimana ketatnya bekerja di hot kitchen –restoran hotel berbintang maupun kapal pesiar—demi menyiapkan satu setu menu lengkap untuk jamuan makan resmi.

Di Kampus B Tristar Cruise Manyar Food University Indonesia (FUI) Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Virginia bersama 11 mahasiswa lainnya sudah digempleng di Kitchen Modern FUI oleh Chef Hartono, untuk masak aneka menu Asian Food, Western Food (Continental Cuisines) hingga American Cuisines ala restoran terkenal di sebuah hotel berbintang atau kapal pesiar mewah.

Selain meramaikan gelaran bertajuk Kitchen on the Spot di hotel berbintang, mahasiswa Tristar Cruise Class (baik di Kampus B Manyar maupun di Kampus C Samator) masih akan menghelat 4-5 acara fine dining lagi, Acara itu membidik sejumlah tamu (undangan) VIP dan menyajikan satu menu lengkap yang menggoda selera.

”Pilihan menunya bisa Western Food (Continental Cuisines), Chinese Food atau Japanese Food, tergantung tema yang diusung oleh mahasiswa,” kata Chef Thomas Denny, dalam kesempatan terpisah, usai menggelar demo masak Steak Kampung di Kampus A Tristar Jemursari, Kamis (09/09/2021) siang. Chef Thomas sendiri adalah instruktur untuk mahasiswa Tristar Cruise Samator B Class.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Tristar Cruise International Training Centre di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Tristar Group di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar