twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 21 September 2021

Memotret Kehebohan Gelaran Cooking Demo di Kitchen Modern Graha Tristar

Dari Acara The Last Minutes, Chef Thomas Denny Tampilkan Steak ala Resto yang Tasty & Deliciously

 

DALAM acara The Last Minutes yang dihelat hari Kamis (09/09/2021) lalu, Chef Thomas Denny, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, menampilkan Steak ala Resto yang tasty & deliciously. Gelaran cooking demo yang dihadiri 13-an mahasiswa Culinary Art Kelas B-2 Pagi itu berlangsung di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Mahasiswa yang hadir pagi itu bersemangat mengikuti acara demo masak kreasi Steak ala Resto berupa olahan Chicken Breast dan Beef Tenderloin yang diperkaya dengan seasoning asli Indonesia. Resep masak Steak kekinian tersebut tidak ada di Buku Ajar (Silabus). Oleh karena itu anak didik Chef Thomas diminta mencatatnya agar bisa diduplikasi jika mereka ingin masak sendiri di rumah.

 

Acara The Last Minutes ini digelar sebelum mahasiswa Culinary Art Class diajarkan aneka kreasi menu Catering. Tanpa mengurangi kelezatannya, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk masak Steak ala Resto ini sepenuhnya diusahakan dari bahan lokal bukan impor dari mancanegara. Dengan demikian harga yang ditawarkan kepada customer juga tidak terlalu memberatkan kantong konsumen.

 

Menurut Chef Thomas, daging ayam bisa dicarikan ayam broiler (ayam potong) bukan ayam kampung. Sedangkan untuk daging sapinya sendiri, juga dibelikan daging sapi (jenis tenderloin) lokal bukan yang impor dari Australia atau Selandia Baru. Kentang, jamur kancing (mushroom), jagung manis, wortel, buncis dan sayuran lainnya juga dibeli di pasar tradisional.

 

Demo masak Bistik ala Catering itu diajarkan kepada mahasiswa Culinary Art Class sebelum mereka praktik masak aneka menu Catering yang cukup beragam dengan cita rasa yang enak tentunya dan aneka menu masakan itu biasa disajikan dalam acara pesta pernikahan.


Demi masak Steak ala Resto tersebut, lanjut Chef Thomas, daging ayam broiler yang dijadikan pilihan adalah bagian dada (chicken breast), sedangkan untuk daging sapi sendiri pilihannya jatuh pada daging jenis tenderloin.

 

Olahan Chicken Steak yang sudah dilumuri tepung bumbu secara merata baru digoreng di atas api sedang agar kematangannya merata sampai ke dalam. Jika warnanya sudah kecoklatan baru diangkat dan ditiriskan di atas loyang persegi.

 

Mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu juga proaktif menyiapkan bumbu dan bahan masakan demi membuat Sautee Mix Vegetables yang harum dan Mushroom Sauce dengan tekstur yang agak kental dan cita rasa yang enak pula.

 

Demikian pula saat masak Beef Steak yang sudah dikasih seasoning, selanjutnya di-grilled sampai matang. Usahakan saat meng-grilling daging sapi jenis tenderloin itu dibolak-balik agar kematangan betul-betul merata sempurna dan tidak sampai overcook.

 

”Sementara itu saus untuk Beef Steak-nya sendiri, saya minta mahasiswa membuat Demiglaze. Dengan demikian ada dua jenis saus yang berbeda antara Chicken Steak dengan Beef Steak ala Resto yang saya sajikan di meja display produk,” terang Chef Thomas kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, baru-baru ini. Good jobs Chef …!


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar