twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 08 September 2021

Asyiknya Belajar Cara Pengolahan Adonan Berlapis di Kitchen Modern Graha Tristar

Kerennya Raisin Cinnamon Danish, Danish Square, Danish Pocket dan Danish Peach, Persembahan Mahasiswa Pastry Art Class

 

SELAMA tiga kali pertemuan, mulai Selasa (31/08/2021), Rabu (01/09/2021) dan Senin (06/09/2021), mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang dibimbing Chef Dwi Mei Retnowati, diajarkan seputar Teknik Pengolahan Adonan Berlapis (Layer Dough) untuk membuat 12 kreasi Croissant, Danish dan Puff Pastry yang cantik dan berkelas.

 

Pastry dengan teknik pengolahan adonan berlapis. Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Dwi Mei Retnowati menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang produk adonan berlapis serta metode-metode yang ada.

 

Pada tatap muka hari kedua pagi itu, mahasiswa diajarkan teknik membuat empat kreasi Danish yang keren, yakni Raisin Cinnamon Danish, Danish Square, Danish Pocket dan Danish Peach, di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Pada tatap muka hari kedua, Selasa (31/08/2021) pekan lalu, mahasiswa Pastry Art Class praktik cara membuat empat kreasi Danish yang cantik dan berkelas yakni Raisin Cinnamon Danish, Danish Square, Danish Pocket dan Danish Peach.


Ketika membuat Raisin Cinnamon Danish, Danish Square, Danish Pocket dan Danish Peach skala industrial maupun usaha rumahan, Chef Mei meminta anak didiknya memperhatikan step by step cara membuatnya agar hasilnya sesuai ekspektasi.

 

Selain itu demi memudahkan pekerjaan di kitchen, adonan untuk membuat empat kreasi produk adonan berlapis tersebut di atas, sebaiknya juga di-blender jadi satu hingga kalis sebelum diproses lebih lanjut sesuai panduan di Buku Ajar (Silabus) dan arahan dari Dosen Pengajar Pastry Art Class.

 

Langkah tersebut demi mempercepat pekerjaan di kitchen, mengingat untuk membuat croissant butuh minimal tiga kali nge-roll adonan yang sudah kalis dan tiga kali pendinginan di mesin chiller, sebelum adonan (yang dibentuk seperti persegi atau oval sesuai panduan di Buku Ajar) itu ditaruh di mesin pengembang kue (proofer) selama 45 menitan dan akhirnya di-bake (mesin pengovenan) pada suhu 160 *C selama 20-25 menit.

 

Dalam kesempatan itu, Chef Dwi Mei Retnowati juga memberikan beberapa tips agar produk adonan berlapis yang dibuat tersebut hasilnya memuaskan. Pertama, teknik membuat adonan per layer-nya harus benar-benar kalis.

 

”Kedua, mengingatkan adonan itu mengandung unsur fermentasi (menggunakan bahan yeast), maka treatment-nya pun harus di-proofer dulu selama 45-60 menit agar adonannya mengembang sempurna, sebelum produk adonan berlapis itu di-oven pada suhu sekitar 160 *C selama 20-25 menitan,” ujarnya.

 

Demi mengikuti trend industry cake & bakery di era millennial saat ini, mahasiswa Pastry Art Class juga dikenalkan cara mengoperasikan mesin Dough Sheeter, mesin penipis adonan layer dough yang biasa dipakai pengusaha Cake & Bakery. Keunggulan mesin ini membuat adonan berlapis itu lebih stabil (ketebalannya merata) daripada nge-roll dengan tangan secara manual.

 

Sementara itu pada tatap muka hari terakhir, Senin (06/09/2021) pagi, mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi, kembali diajarkan teknik membuat empat resep produk olahan adonan berlapis yakni Prawn in Puff, Fruit Railways, Cream Horn dan Picnic Roll.

 

”Sedangkan pada pertemuan hari pertama, Senin (30/08/2021), pekan lalu, kami mengajarkan mahasiswa cara bikin empat kreasi Croissant, yakni Sausage Croissant, Mushroom Croissant, Cheese Croissant, Croissant Sandwich,” ujar Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, , 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar