twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 31 Agustus 2021

Dari Kehebohan Praktik Masak American Cuisines di Kitchen Modern Graha Tristar

Dua Tim Mahasiswa Culinary Art Adu Kreasi Plating Masakan Garoupa with BBQ Sauce, Ensalada de Nacho Buena dan Buttermilk Pancake with Honey

 

GILIRAN Chef Thomas Denny, Master Chef of Hibachi Teppanyaki yang akrab disapa Chef Thomas dihadirkan pada hari keenam untuk sharing ilmu teknik masak tiga menu American Cuisines bersama 12 orang mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas B-2 Pagi. Mahasiswa pun tampil all out ketika praktik masak Garoupa with BBQ SauceEnsalada de Nacho Buena dan Buttermilk Pancake with Honey yang tasty deliciously, di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (27/08/2021) pagi.

 

Praktik masak tiga menu makanan American Cuisines kali ini selain menekankan pada teknik pengolahan ikan laut (seafood) saat masak Garoupa with BBQ Sauce, juga mengajarkan bagaimana teknik membuat salad khas Mexico (Amerika Latin) yakni Ensalada de Nacho Buena yang keren dan membuat Buttermilk Pancake with Honey dengan tampilan kekinian dalam satu set menu.

 

Sehari sebelumnya, Kamis (26/08/2021) pagi, mahasiswa Culinary Art Class telah dibekali Chef Thomas teknik membuat Beef & Potato SP dan American Pizza yang lezat, di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar.

 

Demi mempercepat pekerjaan di kitchen, 12 mahasiswa Culinary Art (dibagi dalam dua kelompok) untuk meramaikan gelaran cooking battle. Chef Thomas meminta masing-masing tim berjibaku demi masak Garoupa with BBQ Sauce, Ensalada de Nacho Buena dan Buttermilk Pancake with Honey.

 

Mengingat praktik masak tersebut antartim diadu siapa yang terbaik, maka mereka pun termotivasi untuk tampil all out demi mempersembahkan plating-an yang terbaik saat masakan (tiga menu yang terdiri dari Appetizer/Salad, Main Course dan Dessert) tersebut disajikan di meja uji.

 

Selama bekerja di kitchen, baik dosen pengajar maupun mahasiswa wajib mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) yang disyaratkan pemerintah, yakni mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, memakai double masker, hand glove, face shield dan ruang praktik diasapi dengan disinfektan. Chef Thomas pun meminta anak didiknya mematuhi penerapan Prokes ini dengan sebaik-baiknya demi memutus mata rantai persebaran Covid-19 di lingkungan kampus.

 

Sementara itu untuk masak Garoupa with BBQ Sauce yang serat daging ikannya lembut dan gurih taste-nya, maka sejumlah bahan masakan yang disiapkan terdiri dari garoupa fish (ikan kerapu) digoreng utuh setelah isi perut ikan dan kulitnya dibersihkan, tomato ketchup, BBQ flavour, brown sugar, peanut oil, chili sauce, all spices powder, cumin, curry, coriander, clove, turmeric, HP sauce, garlic, ginger, onion dan water.  

 

Sedangkan masakan berikutnya membikin Ensalada de Nacho Buena (Salad)-nya yang segar. Bahannya meliputi orange, iceberg lettuce, apple (cuci potong cube atau di-slice agak tebal), banana, pineapple, beetroot, roasted peanut (disangrai), olive oil, white vinegar, sugar dan ditambahkan salt & pepper (S&P) secukupnya untuk taste-nya.

 

Tahapan pekerjaan terakhir adalah membuat Buttermilk Pancake with Honey. Untuk masak Pancake yang superenak, maka bahan masakan yang dibutuhkan antara lain bread flour, baking powder, baking soda, salt (di-mix jadi satu lalu blender sampai adonannya kalis), buttermilk (fresh milk + lemon juice), egg, white sugar, vanilla (optional), strawberry fruit, icing sugar dan honey.

 

Anak didik Chef Thomas pun bebas berekspresi ketika waktunya mem-plating ketiga menu masakan American Cuisines tersebut tiba. Hal ini agar tampilannya semakin cantik, menarik dan berkelas, seperti penyajian makanan di hotel berbintang atau restoran terkemuka di Surabaya dan sekitarnya. Good jobs Bro & Sis! Congratulations ….

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar