twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 10 Agustus 2021

Dari Final Exam Culinary Art di Laboratorium Praktik Graha Tristar

Empat Tim Mahasiswa Culinary Art Kelas B-2 Pagi Berjibaku di Kitchen demi Persembahkan Aneka Kreasi Masakan Asian Cuisines yang Tasty


PADA ujian praktik masak sesi dua, tepatnya jatuh hari Kamis (01/07/2021) dan Jumat (02/07/2021) pagi, giliran 16 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi (terbagi dalam empat tim), hari-hari dibimbing Chef Mario Alvin Yonathan, harus berjibaku di kitchen demi memenuhi tantangan membuat kreaasi masakan Asian Cuisines yang tasty & deliciously.


Final exam itu sendiri digelar di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Dua tim pertama yang tampil pada hari Kamis (01/07/2021) pagi, membuat kreasi masakan Japanese Food (Tim 1) dan Thailand Food (Tim 4). 

 

Dua tim berikutnya, yakni Tim 2 dan 3 tampil penuh percaya diri pada ujian praktik masak hari terakhir, Jumat (02/07/2021) di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.



 

Tim 2 yang beranggotakan Cynthia Florencya Irena, Royyam Haqqi, Haryo Pramudya T dan Widad Ardiyanti Hamida, ditantang membuat kreasi masakan India dengan tampilan kekinian, seperti Samosa (Appetizer) dan Nasi Mandi komplit yang terdiri dari Nasi (Beras Basmati), Iga Sapi dan Sayuran (Main Course).

 

Sedangkan empat personel Tim 3, yakni Steven Yenius Jakin, Candra Yanuar, Rahadian Shiffa Penengal dan Alycia, tampilan all out demi mempersembahkan kreasi masakan Chinese Food yang tasty dan deliciously, yakni Egg Roll (Appetizer), Nasi Goreng Putih, Cap Cay dan Udang Mayo (Main Course) ala restoran ternama di Surabaya.

 

”Prinsipnya kami minta masing-masing tim menampilkan kreasi masakan Asian Cuisines yang mengandung unsur karbohidrat, protein dan anela olahan sayuran (vegetables) yang banyak mengandung vitamin dan mineral esensial.

 

Ujian praktik masak yang berdurasi 120 menit itu setiap tim dituntut untuk bekerja profesional, sejak prepare bahan baku masakan, mengolah masakan tersebut hingga menyajikannya di atas meja display.

 

Durasi 120 menit untuk masak empat menu yang terdiri dari satu menu Appetizer dan tiga menu Main Couse, dinilai Chef Mario Alvin Yonathan yang akrab disapa Chef Jo itu sudah lebih dari cukup, senyampang masing-masing anggota tim bisa bekerja sama sebagai teamwork dan piawai dalam hal manajemen waktu selama bekerja di kitchen.

 

”Ketatnya waktu yang dipatok tim penguji, memaksa setiap personel dalam satu tim bekerja all out dan harus berjibaku kitchen demi menghasilkan kreasi masakan kekinian yang tampilan dan taste-nya tidak kalah dengan masakan ala chef di hotel berbintang atau restoran terkenal,” kata Chyntia, leader Tim 3 kepada kru www.sekolahmasak.info di Graha Tristar Surabaya.

 

Hasil kreasi masakan persembahan dari Tim 2 dan Tim 3, dikritisi, diapresiasi dan dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Chef Ari Purwantoro, Chef Renny Savitri dan Dewi Mariyanah, dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasanya. Good jobs Bro & Sis…!

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar