twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 31 Agustus 2021

Kehebohan Praktik Buat Dessert Kekinian di Kitchen Modern Tristar Manyar

Mahasiswa Pastry Art Class Diajarkan Chef Ita Suhervin Cara Buat Martabak Telur dan Terang Bulan Premium


DEMI membekali anak didiknya cara membuat aneka kreasi Dessert kekinian, maka Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticeria) Chef Ita Suhervin S.Pd., M.MPar., berbagi ilmu cara membuat Martabak Telur dan Terang Bulan Premium, di Kitchen Modern Lantai 2 Food University Indonesia Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Rabu (25/08/2021), pekan lalu.

 

Pada tatap muka pagi itu, mahasiswa Pastry Art Class diajarkan membuat dua kue tradisional Indonesia (jajan pasar), yakni Martabak Telur dan Terang Bulan. Sebelum praktik dimulai, Chef Ita menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang aneka jenis kue tradisional Indonesia (jajan pasar) termasuk dessert-nya. Dua produk jajan pasar itu ada yang masuk kelompok sweet (manis rasanya) dan savoury (berasa gurih).


Diakui Chef Ita, jika teknik pengolahan kue tradisional Indonesia memang sedikit ribet dibandingkan dengan kue modern kekinian yang dipelajari mahasiswa sebelumnya, mulai Bread, Cup Cake, Pie, Tartlet, Muffin dan terakhir Produk Adonan Berlapis seperti Croissant, Danish dan Puff Pastry.

 

Namun demikian jika Anda tertarik untuk melestarikan kue tradisional (aneka jajanan pasar) ini –karena memang banyak dijual di pasar-pasar tradisional— juga tidak ada salahnya, mengingat eksistensi jajan pasar belakangan malah naik daun.

 

Pasalnya kue tradisional ini mulai banyak disajikan di hotel-hotel berbintang, saat sarapan (breakfast) secara prasmanan, makan siang (lunch) hingga jamuan makan malam (dinner) dan jajan pasar pun kini bersanding sejajar dengan kue-kue modern kekinian yang lainnya sebagai dessert (snack) alternatif yang menggoda selera tentunya.

 

”Untuk mencintai aneka kreasi kue tradisional Indonesia memang butuh passion dan pola pikir yang out of the box bukan sekadar mengikuti trend.,” kata Chef Ita Suhervin di dampingi asistennya, Rana Ulfa Ramadani.

 

Teknik membuat Martabak Telur paling menyita perhatian mahasiswa Pastry Art Class terutama dari sisi cara membuat kulit Martabak Telur, sebelum kulit tipis itu dipanaskan di atas penggorengan dan diisi oleh adonan telur, daging sapi dan irisan daun bawang prei yang beraroma harum.


”Saat membuat kulit martabak di atas meja keramik atau marmer, kulit yang sudah tipis itu jangan sampai sobek karena untuk mengembalikan lagi adonan yang dibentuk bulat-bulat itu dan direndam di minyak goreng dingin butuh waktu satu jam, sebelum dijadikan kulit martabak kembali,” terang Chef Ita memberikan tips kepada anak didiknya.

 

Anda tertarik aneka menjadi mahasiswa Pastry Art Class Tristar Group dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung dan merapat ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar