twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 22 Agustus 2021

Melihat Keseruan Gelaran Cooking Demo di Graha Tristar

Lezatnya Quesadillas, Makanan Khas Mexico Persembahan dari Chef Ari, Usai Tampil pada Acara the Last Minutes

 

AWAL pekan kedua praktik masak mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, Senin (16/08/2021), diisi dengan gelaran acara the Last Minutes bertajuk Quesadillas yang tasty dan deliciously. Demo masak makanan Amerika bersama Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, Chef Ari Purwantoro tersebut dihelat di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Sebanyak 10 dari 14 mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi yang hadir pagi itu tampak antusias mengikuti acara demo masak makanan khas dari Mexico, Quessadillas. Komposisi makanan khas Mexico itu terdiri dari Vinaigratte (Salad), Tortilla Flour berikut filling-nya berupa olahan Chicken Breast yang diperkaya dengan Mexican seasoning.

 

Resep masak Quesadillas itu tidak ada di Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa. Sehingga, anak didik Chef Ari diminta mencatat resepnya dari A sampai Z, agar nantinya mereka bisa mempraktikkannya sendiri di rumah.

 

Pembelajaran seputar pengolahan makanan Amerika itu menekankan pada bagaimana mengaplikasikan teknik-teknik memasak seperti grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan yang lainnya.

 

”Selain itu, mahasiswa juga kami kenalkan berbagai macam makanan yang berasal dari Amerika dan sekitarnya seperti American Pizza, Beef Potato Soup, Beef Stew, Hamburger (American Burger), Hot Dog dan yang lain seperti yang ada di Buku Ajar (Silabus),” tandas Chef Ari Purwantoro kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, baru-baru ini.

 

Demi masak Quesadillas sendiri, setidaknya ada tiga tahapan pekerjaan yang mesti dilalui. Pekerjaan pertama membuat Tortilla Flour. Bahan masakan yang dibutuhkan untuk membuat Tortilla Flour (roti bentuk lembaran bulat) adalah soft flour, butter, baking powder, salt, white margarine, yeast, baking soda, oregano, paprika, chili powder, cumin, madras curry, salt & pepper dan chicken powder.

 

Pekerjaan selanjutnya, menyiapkan filling-nya yang dibuat dari hasil olahan Chicken Breast yang sebelumnya telah diberi Mexican seasoning, onion, coriander, cheese dan jalapeno.

 

Sedangkan pekerjaan yang terakhir adalah membuat salad-nya yang diberi nama Vinaigratte. Salad khas Mexico itu terdiri dari green olive, onion, shallot, coriander leaf (cilantro), lemon juice dan salt & pepper.

 

”Setelah ketiga tahapan pekerjaan itu selesai, barulah Quesadillas itu di-plating agar tampilannya menarik dan elegan saat disajikan di atas meja. Dalam gelaran the Last Minutes  itu kami persilakan 1-2 mahasiswa untuk belajar menampilkan satu kreasi plating-an yang cantik dan berkelas,” pungkasnya.


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar