twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 29 Agustus 2021

2022 Politeknik Surabaya Buka Prodi D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM) di Surabaya Barat

Mulai Galakkan Promosi lewat Atraksi Baking Demo yang Dilengkapi dengan Teknik Pengoperasian Mesin Produksi (Naskah ke-1, dari Dua Tulisan)

 

PADA 2022 mendatang, Politeknik Surabaya (member of Tristar Group) ancang-ancang membuka Program Studi (Prodi) baru D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM) di Ruko Plaza Segi Delapan Blok A 827-A 829 Sukomanunggal, Darmo Permai Surabaya Barat.

 

Politeknik Surabaya yang bernaung di bawah Yayasan Dharma Bakti Surabaya, saat ini mulai proaktif mengenalkan prodi baru tersebut lewat atraksi Baking Demo yang dilengkapi dengan pengoperasikan mesin produksi kepada jajaran mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Food & Beverage (FB) Product atau Culinary Art dan Pastry Art Tristar Group.

 

Prodi baru ini mengajak mahasiswa lulusan D3 Perhotelan (Culinary Art dan Pastry Art) yang ingin memperdalam ilmunya di sektor Food Technology dan Culinary Business skala mikro (café & resto) maupun makro (usaha dengan mengaplikasikan mesin-mesin skala industri).

 

”Dengan kurikulum yang lengkap dan kompleks, Prodi D4 BJM diharapkan jadi pilihan cerdas mahasiswa yang ingin meniti karier lewat jalur Pendidikan tinggi yang fokus melahirkan entrepreneur di bidang makanan sekaligus menjadi seorang Foodpreneur yang andal dan sukses. Moto kami adalah Be a Great Entrepreneur,” kata Ir Juwono Saroso MM., M.MPar., Presdir Tristar Group kepada www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Jumat (27/08/2021) siang.

 

Sementara itu Penanggung Jawab Prodi baru D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM) Politeknik Surabaya Chef Yuda Agustian menambahkan, kalau di level Universitas setara dengan Pendidikan Strata Satu (S1) dan lulusannya nanti berhak menyandang gelar Sarjana Terapan Bisnis (S.Tr.Bns). Jika mahasiswa yang bergabung di D4 BJM Politeknik Surabaya dari Tristar Group, maka lulusannya nanti berhak mendapatkan gelar Double Degrees, yakni Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par) dan S.Tr.Bns.

 

Menurut Chef Yuda, Kampus A Politeknik Surabaya ini bakal menempati Ruko Plaza Segi Delapan Blok A 827- A 829 Sukomanunggal, Darmo Permai, Surabaya Barat. Lokasinya tidak jauh dari Pakuwon Trade Centre (PTC), salah satu Central Business District (CBD) terkenal yang sedang berkembang pesat di Surabaya Barat.

 

Demi kiprahnya lebih dekat dengan kalangan mahasiswa Tristar Group, maka pada Senin (23/08/2021), pekan lalu, pihaknya menggelar Baking Demo dengan menggunakan mesin Dough Sheeter bersama Chef Renny Savitri di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari N0. 244 Surabaya.

 

Pemanfaatan mesin Dough Sheeter itu sendiri dikenalkan kepada mahasiswa Pastry Art yang saat ini belajar Teknik Pengolahan Adonan Berlapis, untuk membuat aneka kreasi Croissant (Sausage Croissant, Mushroom Croissant, Cheese Croissant, Croissant Sandwich dan Bicolor Croissant), Cream Horn, Pisang Bolen, Prawn in Puff, Fruit Railways, Danish Peach, Raisin Cinnamon Danish, Danish Square dan Danish Pocket,

 

Mesin Dough Sheeter untuk menipiskan adonan. Dalam skala industri menengah besar mesin tersebut bisa menggantikan alat roll manual yang dioperasikan dengan tangan manusia. Hasil nge-roll adonan berlapis yang sudah kalis situ tentunya jauh lebih rata dan halus daripada nge-roll pakai tangan karena tekanan roll yang berputar pada mesin Dough Sheeter lebih stabil.

 

Tebal tipisnya layer dough pada mesin Dough Sheeter juga bisa diatur sesuai keinginan dari operatornya. Skala ketebalan layer dough bisa disetel mulai 1 mm hingga 30 mm. Untuk membuat aneka kreasi Croissant, misalnya, ketebalan layer dough yang direkomendasi sekitar 3-5 mm.

 

Mengingat untuk membuat Croissant butuh minimal tiga kali nge-roll adonan yang sudah kalis dan tiga kali pendinginan di mesin chiller, sebelum adonan yang sudah dibentuk seperti kerang itu ditaruh di mesin pengembang kue (proofer) selama 45 menitan dan akhirnya di-bake (mesin pengovenan) pada suhu 160 *C selama 20-25 menit.

 

Dalam kesempatan itu, Chef Renny juga memberikan beberapa tips agar produk adonan berlapis yang dibuat tersebut hasilnya memuaskan. Pertama, teknik membuat adonan per layer-nya harus benar-benar kalis.

 


”Kedua, mengingatkan adonan itu mengandung unsur fermentasi (menggunakan bahan yeast), maka treatment-nya pun harus di-proofer dulu selama 45-60 menit agar adonannya mengembang sempurna, sebelum produk adonan berlapis itu di-oven pada suhu sekitar 160*C selama 20-25 menitan,” pungkasnya.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Kampus A Trstar Group, Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, , 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar