twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 10 Agustus 2021

Dari Final Exam Culinary Art di Laboratorium Praktik Graha Tristar

Mahasiswa Culinary Art Kelas B-1 Pagi Tampilkan Empat Kreasi Masakan Asian dan Continental Cuisines yang Lezat

 

EMPAT kreasi masakan Asian Cuisines dan Continental Cuisines kekinian ditampilkan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi, pada final exam hari terakhir, Jumat (02/07/2021) pagi, awal Juli 2021 lalu. Ujian praktik masak itu sendiri digelar di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Delapan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi (terbagi dalam empat tim) yang maju ujian praktik hari terakhir itu sehari-hari dibimbing Dosen Pengajar Culinary Art Chef Ari Purwantoro.

 

Pada final exam hari terakhir itu, Tim 1 (Kamajaya Adiwida P dan Ameliana Sunyoto), kompak masak Go Nuong Sa (Fried Rice ala Vietnam) dan Cho Chien Voi (Caramelized Spicy Green Bean), yang lezat rasanya.

 

Sedangkan Tim 2 (Steven Leonardo dan Richard Barnes S), harus berjibaku di Kitchen Modern Graha Tristar demi mempersembahkan masakan Italia kesukaannya yakni Curry Butter Chicken with Roti Prata & Sauteed Vegetables.

 

Tak mau kalah dengan tim lain, Tim 3 yang anggotanya Hellen Margareta dan Nurul Meidiyanti, fokus kerja di kitchen demi mengangkat masakan khas dari Thailand, yaitu Thai Style Noodle Prawn, yang lezat rasanya dalam ujian praktik masak tersebut.

 

Sementara itu Tim 4 (Ruth Normayani dan Catherine Elizabeth), tertarik untuk membuat masakan dari Negeri Matahari Terbit (Jepang) yang saat ini lagi nge-trend di kalangan anak milenial, yakni Chicken Katsu Curry Rice, pada final exam hari terakhir tersebut.


 

Menurut Chef Ari Purwantoro, mahasiswa bebas mengangkat kreasi masakan asal sesuai tema yakni Asian Cuisines atau Continental Cuisines, yang ada unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineralnya. Durasi ujian praktik masaknya sendiri dipatok 90 menit sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut.

 

”Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yang beranggotakan tiga orang dosen. Ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa,” kata Chef Ari kepada kru www.sekolahmasak.info, baru-baru ini.

 

Tiga juri yang dihadirkan pada final exam hari terakhir pagi itu adalah Chef Renny Savitri, Chef Sari Palupi dan Dewi Mariyanah M.Par. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.


 

Tim juri memberi atensi khusus terhadap hasil masakan masing-masing tim yang di-display di atas meja uji. Pasalnya, masakan yang ditampilkan peserta ujian cukup beragam, mulai dari Vietnamese Food, Thailand Food, Japanese Food (Asian Cuisines) hingga Italian Food (Continental Cuisines).

 

”Butuh kepiawaian juri saat nge-taste masakan mahasiswa tersebut, sebelum memberi nilai berupa angka-angka,” kata Chef Renny Savitri, yang dpercaya menjadi juru bicara oleh dua juri lainnya saat dihadirkan pada final exam hari terakhir tersebut. Good jobs you all!

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar