twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 24 Agustus 2021

Dari Keseruan Praktik Masak American Cuisines di Kitchen Modern Graha Tristar

Sedapnya Hamburger Coleslaw & Country Potato Persembahan Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi

 

PADA tatap muka hari ketiga praktik masak American Cuisines, Jumat (20/08/2021) pagi, sekitar 10-an mahasiswa Culinary Art (Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi, tampil percaya diri ketika diajarkan teknik masak Hamburger Coleslaw & Country Potato yang sedap rasanya, di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Sekarang giliran Chef Ari Purwantoro mengenalkan teknik masak Hamburger Coleslaw & Country Potato yang terdiri dari tiga tahapan pekerjaan, mulai membuat Burger Bun, Coleslaw (Salad) hingga memasak Country Potato di Kitchen Modern Graha Tristar. Menu American Cuisines kali ini menekankan cara pengolahan daging sapi (beef).

 

Selama bekerja di di kitchen, baik dosen pengajar maupun mahasiswa wajib mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) yang dipersyaratkan pemerintah, yakni mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, cek suhu tubuh, memakai double masker, hand glove, face shield dan ruang praktik diasapi dengan disinfektan.


Demi masak Hamburger Coleslaw & Country Potato yang serat dagingnya lembut dan gurih taste-nya, maka sejumlah bahan masakan yang disiapkan terdiri dari beef, fat, white bread, egg, milk, onion, garlic, salt, pepper, paprika (untuk menambah taste), oregano, lettuce, tomato dan cheddar slice easy melt.

 

Sedangkan untuk membuat Burger Bun-nya sendiri bahannya meliputi bread flour, sugar, salt, yeast, format (S500), egg, fresh milk, cold water, butter dan sesame seed. Adonan Burger Bun yang sudah kalis kemudian dibentuk membulat dengan ukuran @ 150 gram kemudian di-proofer lebih dulu sekitar 30 menitan, baru di-bake pada suhu 170-180*C selama 15 menitan.

 

Tahapan pekerjaan berikutnya adalah membuat Coleslaw (Salad). Untuk masak Coleslaw yang fresh & tasty, maka bahan masakan yang dibutuhkan antara lain white cabbage, carrot, home made mayonnaise, honey dan sesame seed.

 

Sementara itu tahapan pekerjaan terakhir masak Country Potato. Bahan yang disiapkan untuk membuat Country Potato yang delicious rasanya, meliputi potato (dusting potato), oregano, salt, pepper & paprika dan cumin.

 

”Pembelajaran seputar pengolahan makanan American Cuisines hingga pertemuan hari ketiga itu sudah mengaplikasikan teknik-teknik memasak seperti grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan yang lainnya,” pungkasnya.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar