twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 31 Agustus 2021

Praktik Masak Western Food di Kitchen Mariposa Restaurant Best Western Papilio

Mahasiswa Cruise Samator B Class Penuhi Tantangan Chef Suro Masak Western Food untuk Fine Dining ala Hotel Berbintang

 

PADA Rabu (25/08/2021) pagi, pekan lalu, 11 mahasiswa Tristar Cruise Samator B Class praktik masak untuk gelaran fine dining sekaligus mendapat tantangan langsung dari Executive Chef Best Western Papilio Suro Hartoyo masak empat menu Western Food, di Kitchen Mariposa Restaurant Best Western Papilio Hotel, Jl Raya A. Yani No. 176-178 Surabaya.

 

Tantangan dari Chef Suro demi menyiapkan satu set menu lengkap untuk fine dining dengan durasi 90 menit direspons oleh 11 mahasiswa Cruise Samator B Class yang dimotori Fanny Elizabeth dan Melissa Sandra.

 

Sebagai leaders, kedua mahasiswa ini berbagi tugas bersama rekannya untuk membuat satu set menu fine dining untuk jamuan makan siang (lunch) yang terdiri dari Appetizer (Salad), Soup, Main Course dan Dessert.

 

Sebelum praktik masak di Kitchen Mariposa Restaurant Lantai 7 Best Western Papilio Hotel Surabaya, Chef Suro mem-briefing lebih dulu peserta pelatihan cruise untuk menekankan bahan dan bumbunya apa saja dan tahapan teknik memasaknya bagaimana.

 

”Tujuannya agar peserta memahami Standard Operational Procedure (SOP) memasak makanan Western Food yang biasa diterapkan di industri perhotelan termasuk di kapal pesiar juga,” tandas Chef Suro Hartoyo di dampingi Food & Beverage (FB) Director Best Western Papilio Rudy Hartono dan Kaprodi Perhotelan Tristar Group, R. Paulus W. Soetrisno M.Par.

 

Mendapat tantangan dari Chef Suro Hartoyo, awalnya saya dan Melissa mengaku sempat nervous juga, namun seiring berjalannya waktu kami mulai bisa mengikuti irama kerja di hot kitchen hotel bintang empat tersebut,” ujar Fanny, seusai praktik masak tersebut.


Pasalnya, sebelum mengikuti tantangan masak di hotel berbintang, mahasiswa Tristar Cruise Samator maupun Tristar Cruise Manyar, sudah sudah di-training secara intensif oleh instruktur bagaimana ketatnya bekerja di hot kitchen –hotel maupun kapal pesiar—demi menyiapkan satu setu menu lengkap untuk jamuan makan resmi.

 

Di Kampus C Tristar Cruise Samator Sky Suites SOHO-Samator, dia bersama 10 mahasiswa lainnya digempleng di Kitchen Modern Tristar Samator oleh Chef Thomas dan Chef Lusiana untuk masak aneka menu Asian Food, Western Food (Continental Cuisines) hingga American Cuisines ala hotel berbintang.

 

Kaprodi Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengapresiasi aksi ciamik 11 mahasiswa Tristar Cruise Samator B Class yang bisa memenuhi tantangan dari Chef Suro Hartoyo masak satu set menu lengkap untuk jamuan makan resmi fine dining di hotel berbintang.

 

”Saya melihat peranan leaders dalam memimpin dan mengatur manajemen waktu menjadi salah satu kunci keberhasilan tim memenuhi target waktu masak 90 menit yang ditetapkan Chef Suro, sejak prepare bahan, proses memasak hingga mem-plating-nya sebelum masakan itu disajikan di meja makan. Pembagian tugas yang jelas kepada masing-masing anggota tim juga memegang peranan penting,” ujar Kaprodi. Good job Bro & Sis! Congratulations

 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Tristar Cruise International Training Centre di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Tristar Group di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar