twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 31 Agustus 2021

Keseruan Praktik Buat Dessert Kekinian di Kitchen Modern Tristar Manyar

Chef Vivi Liong Demo Buat Croissant Waffle (Croffle), Dessert Kekinian Bersama Mahasiswa Pastry Art Class 

 

GILIRAN Chef Vivi Liong, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticeria) yang tampil untuk menggelar Baking Demo membuat Croissant Waffle (Croffle), dessert kekinian dengan aneka topping bersama anak didiknya, di Kitchen Modern Lantai 1 Food University Indonesia Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Senin (23/08/2021), pekan lalu.

 

Menurut penjelasan Chef Vivi, Croffle merupakan hasil perpaduan antara Croissant dan WaffleCroffle adalah snack dengan perpaduan rasa manis dan gurih yang mengundang selera bagi siapa pun untuk mencicipinya. Snack ini terbuat dari adonan Croissant berlapis mentega yang dimasak hingga renyah dalam waffle iron (cetakan waffle).

 

Jadi Croffle itu dibuat menggunakan adonan Croissant dan dipanggang menggunakan cetakan waffle. Anda bisa membuat Croffle tanpa ribet menggunakan pastry lembaran siap panggang.

 

Siapkan selembar pastry instan dan potong kemudian bentuk seperti Croissant pada umumnya. Setelah itu, Croissant bisa langsung dipanggang dalam cetakan waffle dan disajikan bersama topping berikut dengan hiasannya agar tampak cantik dan elegan.

 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat lembaran pastry Croissant beku siap panggang dengan ukurannya 25x25 cm. Sebelum dibentuk sedemikian rupa, maka Langkah pertama adalah menyiapkan bahan untuk membuat adonan Croissant berlapis mentega lebih dulu.


Potong lembaran pastry Croissant menjadi segitiga berukuran 25 x 7 cm. Gulung potongan tersebut menjadi bentuk Croissant. Diamkan pada suhu kamar selama 60 menitan. Panggang Croissant dengan menggunakan alat pemanggang waffle. Masak sekitar 5-7 menit hingga matang dan berwarna coklat keemasan.


Sedangkan hazelnut, strawberry jam atau coklat pasta untuk olesan dan buah Strawberry yang masih segar untuk hiasannya. Croffle ditata di atas piring agar tampilannya semakin cantik, menarik dan elegan. Croffle cocok disajikan bersama secangkir kopi atau teh hangat untuk dinikmati di pagi atau sore hari.

 

Mengutip dari laporan The Kraze Magazine, lanjut Chef Vivi, Croffle awalnya dibuat oleh Pastry Chef Louise Lennox pada 2017 silam. Adonan Croissant biasa digulung dan ditempatkan ke dalam waffle pan untuk membuat kue Puff yang lebih renyah,

 

Croffle juga populer di Korea yang banyak disajikan di kafe-kafe atau di warung kaki lima. Kafe pertama yang membawa Croffle ke Negeri Ginseng itu adalah Kafe Auglet. Tak salah jika makanan ini sekarang menjadi tren, dengan bantuan media sosial kini sangat mudah dipopulerkan atau diviralkan.

 

Anda tertarik aneka menjadi mahasiswa Pastry Art Class Tristar Group dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung dan merapat ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar