twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 17 Agustus 2021

Dikenalkan Teknik Buat Breads, Cakes, Cookies, Danish dan Choux

Giliran Chef Renny Ajarkan Mahasiswa Baru Teknik Buat Chocolate Swiss Cake, Chocolate Roll Cake dan Red Velvet Marble Pound Cake yang Keren


GILIRAN Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Renny Savitri M.Par., mengajarkan teknik buat tiga kreasi cakes modern yang keren tampilannya kepada mahasiswa baru Pastry Art Class Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi.  Materi pertama Basic Pastry Knowledge pada tatap muka hari pertama, Senin (02/08/2021) pagi, mahasiswa diajarkan teknik membuat Chocolate Swiss Cake, Chocolate Roll Cake dan Red Velvet Marble Pound Cake, di Laboratorium Praktik Patisarie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Sebelum praktik di kitchen, mahasiswa baru Pastry Art Class itu dibekali pengetahuan tentang Basic Pastry Knowledge oleh Chef Renny, Pada pertemuan hari pertama, Senin (02/08/2021) pagi, mereka dibekali pengetahuan bahan seperti macam-macam pati (starch), jenis-jenis gula, lemak (fat), telur, bahan pengembang (leavening agents), susu dan krim (milk & cream).

Dosen pengajar juga menjelaskan tentang jenis-jenis cakes, metode pembuatan cakes hingga suhu pembakarannya. ”Selama praktik hari pertama, mahasiswa baru saya ajarkan cara membuat tiga resep cakes kekinian, yakni Chocolate Swiss Cake, Chocolate Roll Cake dan Red Velvet Marble Pound Cake,” kata Chef Renny kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya.

Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh masing-masing kelompok saat mereka menyiapkan bahan untuk membuat adonan cakes berikut metode-metode pembuatannya. Dalam praktik masak kali ini mahasiswa belajar membuat dua resep cakes dengan sponge method, yakni Chocolate Swiss Cake dan Chocolate Roll Cake, sedangan satu resep lagi yakni Red Velvet Marble Pound Cakes, menggunakan creamy method.

Setiap kelompok –masing-masing beranggotakan dua orang-- berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan.

Selain itu mahasiswa baru juga dituntut paham dengan nama-nama bahan pembuatan kue (sesuai resep). Makanya mau tak mau, suka tidak suka, mahasiswa juga harus tahu nama-nama alat dan perlengkapan yang tersedia di Kitchen Pastry termasuk bagaimana mengoperasikan mixer, proofer (mesin pengembang roti) dan oven listrik.

Kelompok 1, mendapat job membuat Chocolate Swiss Cake, sedangkan Kelompok 2 ditugasi membuat Chocolate Roll Cake dan Kelompok 3 kebagian membuat Red Velvet Marble Pound Cake, dengan tampilan kekinian yang cantik dan keren.

Demi membuat Chocolate Swiss Cake yang keren dengan menggunakan sponge method, misalnya, maka bahan yang diperlukan adalah egg, sugar, cake emulsifier, cake flour, cornstarch, cocoa powder dan melted margarine.

Adonan Chocolate Swiss Cake yang sudah kalis lalu ditaruh dalam loyang berdiameter 20 cm kemudian di-bake di mesin oven pada suhu 180*C selama 25-30 menitan. Cake yang baru diangkat dari oven itu kemudian didinginkan beberapa menit selanjutnya dihias sedemikian rupa (topping) agar tampilannya cantik dan keren.

Untuk membuat topping-nya sendiri, butuh bahan kue yang terdiri dari white margarine, butter, icing sugar, condensed milk, chocolate paste, chocolate dark compound (CDC) for chocolate brake (shave) dan chocolate white compound (CWC).

Masih menurut Chef Renny, materi Basic Pastry Knowledge itu terdiri dari Breads, Cakes, Cookies, Danish dan Choux yang wajib dijalani mahasiswa baru selama lima hari pertemuan, tepatnya mulai Senin (02/08/2021) hingga Jumat (06/08/2021). Praktiknya sendiri dihelat di Laboratorium Praktik Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar