twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 22 Agustus 2021

Pengenalan Dasar Masak di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar

Mahasiswa Baru Culinary Art Kelas B-1 Siang Diajarkan Teknik Masak Mashed Potato with Grilled Chicken dan Buat Empat Kreasi Sauce

 

DOSEN Pengajar Dasar Masak (Basic Cookery Knowledge), Chef Ari Purwantoro pada pertemuan hari ketiga, Rabu (04/08/2021) siang, kembali mengajarkan teknik masak Mashed Potato with Grilled Chicken dan membuat empat kreasi Sauce kepada 10 mahasiswa baru Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Siang di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


 

Untuk memudahkan pekerjaan saat praktik masak di kitchen, Chef Ari membagi 10 mahasiswa Culinary Art Class itu dalam lima kelompok kerja. Masing-masing kelompok beranggotakan dua orang. Selama praktik di kitchen, baik mahasiswa maupun Dosen Pengajar wajib mengikuti ketentuan Protokol Kesehatan (Prokes) demi menekan persebaran Covid-19.

 

Dalam kuliah Basic Cookery Knowledge hari ketiga siang itu, Chef Ari kembali menerangkan konsep-konsep dasar teknik dan pengetahuan dalam proses memasak terutama cara membersihkan memotong ayam hingga meng-grilled-nya dan membuat empat kreasi sauce, yakni Hollandaise Sauce, Demiglaze, Supreme Sauce dan Allemande.

 

Mahasiswa baru Culinary Art Class tersebut juga dikenalkan dengan teknik merebus, memanggang (grilled), menggoreng, membakar dan mengatur api kompor (stove) di kitchen agar masakan tersebut betul-betul matang sempurna.

 

”Tidak hanya itu, mahasiswa juga kami kenalkan dengan pengetahuan dasar-dasar hygiene & sanitation, pengetahuan menggunakan pisau, pra persiapan masak, prosedur berbagai macam pembuatan kaldu merupakan hal-hal yang diutamakan hingga sejarah layanan makanan modern,” terang Chef Ari Purwantoro kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya.


 

Sesuai panduan di dalam Buku Ajar (Silabus), ntuk masak Mashed Potato with Grilled Chicken membutuhkan bahan antara lain potato (direbus kemudian dihaluskan), daging ayam utuh, seasoning, herbs & spice seperti oregano, thyme, basil, rosemary, bayleaf, tarragon dan olive oil.


 

Daging ayam (dengan fillet-an tebal) yang sudah dibersihkan dan dibumbui, kemudian di-grilled dalam mesin pemanggang. Kematangan grilled chicken itu ditandai warna kecoklatan dan bumbunya meresap hingga ke dalam daging serta tekstur dagingnya lunak.

 

Selain itu mahasiswa juga diajarkan cara membuat empat kreasi sauce yang berbeda dari pertemuan sebelumnya. Pertama, Chef Ari mengajarkan teknik membuat Hollandaise Sauce, bahannya terdiri dari egg yolk, butter clarity, white wine, salt & pepper untuk memberikan taste-nya. Selanjutnya mahasiswa diminta untuk bikin Demiglaze bahannya meliputi brown stock dan brown sauce.

 

Selain membuat Hollandaise Sauce dan Demiglaze, mahasiswa lagi-lagi diminta membuat Supreme Sauce dan Allemande. Bahan untuk membuat Supreme Sauce adalah chicken velouté (ambil tulang ayam), heavy cream, butter, salt & pepper serta lemon juice. Sedangkan untuk bikin Allemande, bahan yang dibutuhkan meliputi beef velouté (ambil tulang sapi), egg yolk, heavy cream, lemon juice serta salt & pepper.

 

Sementara itu, pada tatap muka hari pertama, Senin (02/08/2021) siang, mahasiswa baru Culinary Art Class diajarkan bagaimana membuat Scrambled Egg & Vegetable Cutting (Cutting Potato) serta membuat Brown Stock, Chicken Stock, Court Buillon dan Beef Stock.

 

Pada pertemuan hari berikutnya, Selasa (03/08/2021) siang, mahasiswa dikenalkan seputar pengaruh panas terhadap bahan masakan. Dalam hal ini mahasiswa diajarkan bagaimana membuat Omelette & Cutting Potato serta membuat Bechamel, Velouté, Tomato Concasse, Espagnol dan Tomato Sauce.

 

Sedangkan pada tatap muka hari keempat, Kamis (5/08/2021) siang, Chef Ari mengenalkan teknik Bonning Chicken Continue dan membuat Whilliam Potato. Selain itu mahasiswa kembali diajarkan cara membuat empat kreasi sauce yang berbeda dari yang dipraktikkan sebelumnya. Empat kreasi sauce tersebut adalah Italian Sauce, Black Pepper Sauce, Lyonnaise Sauce dan Cream Mushroom Sauce.

 

Sementara itu pada pertemuan hari terakhir, Jumat (06/08/2021) pagi, mahasiswa giliran diajarkan bagaimana memotong onion, lettuce, avocado, crouton, melon, jikama (chestnut), cucumber jab serta memotong dan membersihkan ikan gurami. Selain itu, mahasiswa juga dibekali cara membuat Mayonnaise, Tar-Tar, 1000’s Island dan Fruit Salad in Condensed Milk Dressing.

 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar