twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 03 Agustus 2021

Dari Final Exam di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar

Demi Efek Kabut Asap, Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Siang Manfaatkan Dry Ice saat Bread & Cakes Ditampilkan di Meja Display 


DEMI tampil beda, empat mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Siang menyiapkan dry ice untuk memberikan efek kabut asap yang keren saat menampilkan hasil kreasi Bread dan Cakes di hadapan tim juri pada final exam hari pertama, Selasa (29/02/2021) siang.

 

Hasil kreasi empat mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Siang itu dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Chef Renny Savitri, Chef Dwi Mei Retnowati dan Dewi Mariyanah. Kriteria penilaiannya meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa.

 

”Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” kata Chef Upi, sapaan akrabnya Chef Sari Palupi kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Selasa (29/06/2021) siang.

 

Stefani Rambu W.R., dengan kreasinya yang bertajuk Apple Fuji Bread sukses meraih nilai tertinggi, yakni 83,6. Kemudian disusul oleh Karimah Nabhan dengan Mini S’Moves Tartlet mendapatkan nilai 82,9. Sedangkan Martinus Rigel F., dengan Puff Bro!-nya dan Zakky Astian S.P., dengan kreasi Saint Honore, nilainya berturut-turut adalah 81,3 dan 80,7.

 

Ujian praktik secara individual yang mengangkat tema Bread Creation dan Cakes itu sendiri dihelat di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


 

Dalam final exam tersebut, Martinus Rigel F., antusias demi menyiapkan puff hasil kreasinya yang diberi nama Puff Bro!. Sedangkan Karimah Nabhan harus berjibaku demi membuat tartlet hasil kreasi andalannya yang bertema Mini S’Moves Tartlet.

 

Sementara itu Stefani Rambu W.R., fokus membuat kreasi bread yang diberi nama Apple Fuji Bread dan Zakky Astian S.P., berkonsentrasi penuh ketika menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kreasi cake unggulannya yang diberi nama Saint Honore.

 

Ujian praktik mahasiswa Pastry Art Class itu berdurasi tiga jam, dihitung sejak prepare bahan roti/kue, memprosesnya di kitchen hingga menampilkan hasil kreasinya di meja display yang sudah disiapkan mahasiswa.

 

”Oleh karena itu, setiap peserta final exam harus pandai memanfaatkan waktu agar hasil pekerjaannya di kitchen bisa maksimal. Saya juga mengapresiasi kreativitas mahasiswa yang berani tampil beda dengan memanfaatkan dry ice saat men-display hasil kreasinya di meja sebelum dinilai tim juri. Itu amazing banget,” puji Chef Sari Palupi, usai acara penjurian.

 

Dalam kesempatan itu Chef Upi juga menginformasikan, selain empat mahasiswa tersebut, pada ujian praktik hari kedua, Rabu (30/06/2021) siang, masih ada lima orang anak didiknya yang tampil all out di kitchen.

 

Mereka adalah Leni Meliana Diska, mempersembahkan Blueberry Klepon with Crumble Bread (raih nilai 82,8), disusul Bella Salwa Putri A., yang menampilkan Durian Mousse & Vanilla Sponge Cake with Caramelized Tempe (nilainya 81,0).

 

Selanjutnya adalah Nicholas Pascal M., membuat Roll Cake Bread (dapat nilai 80,0), Patricia Candra mempersembahkan Pie Cake with Ragout (nilainya 79,1) dan Ibnu Rozak M, menampilkan Thousand Layer Mooncake & Cake Pop Filling. Selamat dan sukses Bro & Sis!


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar