twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 30 Agustus 2021

2022 Politeknik Surabaya Buka Prodi D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM) di Surabaya Barat

Giliran Gelar Cooking Demo Buat Tahu Bakso, Pentol, Siomay, Bumbu Bakso Instan dan Promosi Mesin Packaging (Naskah ke-2, dari Dua Tulisan)

 

POLITEKNIK Surabaya (member of Tristar Group) kian menggencarkan agenda promosi terkait dengan rencana membuka Program Studi (Prodi) baru D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM) pada 2022 mendatang. Prodi baru tersebut berkampus di Ruko Plaza Segi Delapan Blok A 827-A 829 Sukomanunggal, Darmo Permai Surabaya Barat.

 

Setelah sukses menggelar atraksi Baking Demo membuat aneka kreasi Croissant dan Puff Pastry yang dilengkapi dengan pengoperasian mesin Dough Sheeter, sekarang giliran Chef Rachma Nur Devianti, Dosen Pengajar Food Technology Politeknik Surabaya --bernaung di bawah Yayasan Dharma Bakti Surabaya— menggelar Cooking Demo di ruang Video Shooting (Multimedia) Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (27/08/2021) siang.

 

Dalam kesempatan itu, Chef Rachma mengajarkan teknik membuat Tahu Bakso, Pentol, Siomay dan Bumbu Bakso Instan hingga menyajikan Bakso Premium lengkap dengan kuahnya di meja display produk. Proses masak dari A to Z itu nantinya juga diajarkan kepada mahasiswa Prodi D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM), demi mencetak Foodpreneur yang andal dan sukses di bidangnya.

 

Penanggung Jawab Prodi D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM) Politeknik Surabaya Chef Yuda Agustian AMd.Par., S,TP., M.MPar., hadir secara khusus di acara Cooking Demo tersebut, demi mengikuti rangkaian kegiatan proses produksi Bakso Premium, teknik pengoperasian Packaging Machinery (Sachet Forming & Sealing Machine) dan mesin Vacuum Sealer Makanan Portable.

 

Demo pengaplikasikan Packaging Machinery (Sachet Forming & Sealing Machine) dihelat di Lobby Graha Tristar Surabaya. Saat mengoperasikan mesin baru tersebut, Chef Rachma di dampingi Soffan, teknisi dari San Xing Machinery (member of Tristar Group).

 

Dengan menggunakan Packaging Machinery, Chef Rachma sukses menampilkan tiga sachet Bumbu Bakso Instan masing-masing berukuran 10 gram, 15 gram dan 20 gram. Dengan ukuran sachet yang bervariasi, maka konsumen bisa memanfaatkan Bumbu Bakso Instan sesuai kebutuhan.

 

”Namun jika Anda ingin kemasan Bumbu Bakso Instan ukuran sachet-nya dibuat lebih besar, misalnya 30, 40 atau 50 gram juga bisa koq. Anda tinggal menyesuaikan dengan ukuran plastik kemasannya,” ujar Chef Rachma, akhir pekan lalu di Graha Tristar Surabaya.

 

Usai demo mengaplikasikan Packaging Machinery, selanjutnya Chef Rachma Nur Devianti mendemonstrasikan teknik mem-vacuum bahan makanan dalam kemasan plastik yang sudah diberi label (etiket) dengan mesin Vacuum Sealer Makanan Portable. Satu kantong plastik berisi dua buah Tahu Bakso, dua buah Siomay, 8-10 buah Pentol Bakso dan satu sachet Bumbu Bakso Instan ukuran 15-20 gram.

 

Dan yang terakhir, Chef Rachma membuat Bakso Premium lengkap dengan kuahnya. Bakso tersebut kemudian di-plating ala café & resto terkenal di Surabaya, sehingga tampilannya semakin cantik, menarik dan berkelas.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, Prodi D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM) ini mengajak mahasiswa lulusan D3 Perhotelan (Culinary Art dan Pastry Art) yang ingin memperdalam ilmunya di sektor Food Technology dan Culinary Business skala mikro (café & resto) maupun makro (usaha dengan mengaplikasikan mesin-mesin skala industri).

 

Dengan kurikulum yang lengkap dan kompleks, Prodi baru ini diharapkan jadi pilihan cerdas mahasiswa yang ingin meniti karier lewat jalur Pendidikan tinggi yang fokus melahirkan entrepreneur di bidang makanan sekaligus menjadi seorang Foodpreneur yang andal dan sukses, sesuai motonya Be a Great Entrepreneur.

 

”Jika mahasiswa yang bergabung di Prodi D4 BJM Politeknik Surabaya dari Tristar Group, maka kalau lulus nanti Anda berhak mendapatkan gelar Double Degrees, yakni Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par) dan S.Tr.Bns,” kata Chef Yuda, setengah berpromosi.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Kampus A Tristar Group, Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, , 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar