twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 24 Agustus 2021

Dari Keseruan Praktik Masak American Cuisines di Kitchen Modern Graha Tristar

Dua Tim Mahasiswa Culinary Art Adu Plating Masakan Beef Stew, Sautee Vegetables & Williams Potato

 

CHEF Mario Alvin Jonathan yang akrab disapa Chef Jo kembali hadir pada hari keempat untuk sharing ilmu cara masak tiga menu American Cuisines bersama 12 orang mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-2 Pagi. Mahasiswa pun tampil percaya diri ketika praktik masak Beef Stew, Sautee Vegetables dan Williams Potato yang deliciously, di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (20/08/2021) pagi.

 

Praktik masak tiga menu makanan American Cuisines kali ini selain menekankan pada teknik pengolahan daging sapi (beef), juga mengajarkan bagaimana teknik men-sauteeing aneka sayuran (Vegetables) hingga mengeluarkan aroma harum dan masak Williams Potato seperti yang diajarkan pada saat Basic Cookery Knowledge lalu.

 

Sehari sebelumnya, Kamis (19/08/2020) pagi, mahasiswa Culinary Art Class telah dibekali Chef Jo teknik membuat Hamburger Coleslaw (Salad) & Country Potato yang lezat, di Kitchen Modern Lantai 2 Graha Tristar.

 

Demi mempercepat pekerjaan di kitchen, 12 mahasiswa Culinary Art (dibagi dalam dua kelompok), diminta Chef Jo masak Beef Stew, Sautee Vegetables dan Williams Potato. Masing-masing tim pun di-battle agar mereka termotivasi untuk menampilkan plating-an yang terbaik saat masakan itu disajikan di meja uji.

 

Tahapan pekerjaan pertama adalah masak Beef Stew. Bahan masakan yang dibutuhkan antara lain beef (diiris kotak persegi atau bisa juga di-slice lebih dulu), oil, onion, garlic, flour, tomato paste, brown stock, bay leaf dan thyme.

 

Sementara itu untuk menu kedua adalah Sautee Vegetables. Bahan yang disiapkan untuk membuat Sautee Vegetables yang beraroma harum dan lezat tentunya, meliputi carrot, snow peas, onion, tomato cherry, broccoli dan pinch of herbs & salt.

 

Sedangkan menu ketiga adalah Williams Potato. Demi masak Williams Potato yang lembut teksturnya dan gurih rasanya, maka sejumlah bahan masakan yang disiapkan terdiri dari potato, cream, butter, egg dan flour.

 

”Saat praktik masak pengolahan makanan American Cuisines ini, mahasiswa sudah mengaplikasikan teknik memasak seperti grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan yang lainnya,” terang Chef  Jo.

 

Mengingat praktik masak ini di-battle, maka masing-masing tim pun berupa sebaik mungkin untuk mem-plating ketiga menu masakan American Cuisines itu agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas.

 

”Untuk evaluasi harian, hasil masakan dua kelompok mahasiswa Culinary Art Class itu saya kritisi dari tiga aspek, yakni tampilan (kreativitas), tekstur dan rasa, seperti yang biasa diaplikasikan pada industri perhotelan,” kata Chef Jo, menutup pembicaraan.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar