twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 08 Agustus 2021

Dari Final Exam Culinary Art di Laboratorium Praktik Graha Tristar

Satu Set Menu Chinese Food yang Tasty & Deliciously Persembahan Mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Siang

 

PADA ujian praktik masak hari pertama, Selasa (29/06/2021) siang, akhir Juni 2021 lalu, giliran delapan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang yang dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani mempersembahkan satu set menu Chinese Food yang tasty & deliciously, untuk jamuan makan siang ala prasmanan (lunch buffet). Final exam itu sendiri digelar di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Delapan mahasiswa Culinary Art Class yang tampil kali pertama pada final exam hari Selasa (29/06/2021) siang adalah Febiola Novitasari, Mayleni Ayu, Anastasia Ivanka, Kevin Ongko Wijaya, Michelle Angela J.H., Ni Luh Putu S.W., Gaby Valentina dan Cilya Ardianto. Sebagai leader-nya dipercayakan kepada Ni Luh Putu S.W.

 

Dalam final exam kali ini, Ni Luh Putu cs harus berjibaku demi menyiapkan satu set menu lengkap Chinese Food yang terdiri dari Salad (Appetizer), Soup, Main Course dan Dessert. Durasi masak tersebut dipatok sekitar 2,0-2,5 jam, sejak prepare bahan masakan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut untuk di-set up di atas meja display agar tampil menarik, elegan dan berkelas ala restoran terkenal di Surabaya.

 

Untuk Soup-nya diberi nama Chicken Corn Soup with Egg, Sedangkan Main Course-nya sendiri terdiri dari enam menu yakni Pok Coi Tumis Jamur with Garlic, Fu Yung Hai, Chicken Kung Pao, Chinese Roasted Chicken, Bean Court with Prawn dan Tamie Cap Cay. Sementara itu sajian Vegetable Spring Rolls dipilih sebagai Snack-nya.

 

Dalam ujian praktik masak tersebut, setiap orang kebagian tugas membuat satu menu. Setelah delapan menu itu sudah matang, baru di-plating dalam satu tampilan ala lunch buffet yang ditata semenarik mungkin di atas meja display, sebelum produk olahan masakan Chinese Food tersebut dinilai tim juri.

 

Pucuk dicita ulam pun tiba. Delapan kreasi masakan kekinian yang disajikan ala lunch buffet itu langsung diapresiasi oleh tim juri yang terdiri dari Chef Ernawati M.MPar, Hedy Wahidin Saleh SH, MBA, MSi.Par dan Demi Mariyanah M.Par.

 

Sedikitnya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class, yang mengangkat masakan khas Chinese Food (Asian Cuisines) selain dikritisi juga dipuji oleh tim juri, baik dari aspek penampilan, tekstur maupun cita rasanya.

 

”Kreativitas saat menyajikan hasil masakan di meja display produk masih bisa ditingkatkan lagi untuk bekal magang kerja di industri perhotelan. Kreasi masakan yang ditampilkan mahasiswa tidak kalah dengan sajian menu Chinese Food di restoran maupun hotel berbintang,” puji Hedy Wahidin Saleh, seusai penjurian di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar, Selasa (29/06/2021) sore.


Sementara itu, Chef Nadya Ratri Aryani tampil sumrigah usai memberikan pengarahan (briefing) kepada anak didiknya, Pasalnya kreasi masakan anak didiknya mendapat apresiasi dari tim juri yang cukup terkesan dengan tampilan, tekstur dan cita rasa dari delapan menu Asian Cuisines yang baru saja ditampilkan di meja uji. Good jobs Bro & Sis….!

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar