twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 13 September 2021

Praktik Masak Continental Cuisines di Kitchen Mariposa Restaurant Best Western Papilio

Giliran Mahasiswa Cruise Samator A Class Masak Continental Cuisines untuk Fine Dining di Kapal Pesiar Mewah

 

GILIRAN 11 mahasiswa Tristar Cruise Samator A Class praktik masak untuk fine dining seperti layaknya jamuan resmi di atas kapal pesiar (cruise) mewah. Selama gelaran Kitchen on the Spot tersebut, mahasiswa disupervisi langsung oleh Executive Chef Best Western Papilio Suro Hartoyo.

 

Oleh Chef Suro, mahasiswa diberi tantangan masak empat menu Continental Cuisines dengan durasi 90 menit. Praktik masaknya itu sendiri dihelat di Kitchen Mariposa Restaurant Best Western Papilio Hotel, Jl Raya A. Yani No. 176-178 Surabaya, Rabu (01/09/2021) pagi.

Sebelum praktik masak di Kitchen Mariposa Restaurant Lantai 7 Best Western Papilio Hotel Surabaya, Chef Suro Hartoyo mem-briefing lebih dulu peserta pelatihan cruise untuk menekankan bahan dan bumbunya apa saja dan tahapan teknik memasaknya bagaimana. Durasi masaknya juga dibatasi hanya 90 menit, maka manajemen waktu yang ketat menjadi kunci utamanya.

”Tujuannya agar peserta memahami Standard Operational Procedure (SOP) memasak makanan Continental Cuisines yang biasa diterapkan di industri perhotelan termasuk di kapal pesiar juga,” tandas Chef Suro Hartoyo di dampingi Food & Beverage (FB) Director Best Western Papilio Rudy Hartono dan Kaprodi Perhotelan Tristar Group, R. Paulus W. Soetrisno M.Par.

 

Demi memudahkan pekerjaan selama di kitchen, 11 mahasiswa ini berbagi tugas bersama untuk membuat satu set menu fine dining untuk jamuan makan siang (lunch) yang terdiri dari Appetizer (Salad), Soup, Main Course dan Dessert.

Di mata Tio Nanda, mahasiswa Cruise Samator A Class, tantangan dari Chef Suro Hartoyo, itu ibarat minum jamu karena selama belajar di Tristar Cruise International Training Centre (member of Tristar Group), pihaknya bersama rekannya yang lain sudah dibekali oleh Chef Lusiana bagaimana kerasnya bekerja di hot kitchen sebuah hotel berbintang atau kapal pesiar yang rata-rata berada di bawah tekanan, Oleh karena itu, mau tidak mau, suka tak suka pekerjaan tersebut mesti dijalani dengan sepenuh hati.

”Sebelum mengikuti tantangan masak di hotel berbintang, mahasiswa Tristar Cruise Samator maupun Tristar Cruise Manyar, kami sudah di-training secara intensif oleh instruktur bagaimana ketatnya bekerja di hot kitchen –hotel maupun kapal pesiar—demi menyiapkan satu setu menu lengkap untuk jamuan makan resmi,” ujar Tio, sapaannya.

Di Kampus C Tristar Cruise Samator Sky Suites SOHO-Samator, Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya, dia bersama 10 mahasiswa lainnya digempleng di kitchen modern Tristar Samator oleh Chef Lusiana dan Chef Thomas Denny untuk masak aneka menu Asian Food, Western Food (Continental Cuisines) hingga American Cuisines ala hotel berbintang.

Dalam kesempatan itu Kaprodi Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par juga mengapresiasi keseruan aksi 11 mahasiswa Tristar Cruise Samator A Class yang bisa memenuhi tantangan dari Chef Suro Hartoyo masak satu set menu lengkap Continental Cuisines untuk jamuan makan resmi fine dining seperti layaknya jamuan makan resmi di atas kapal pesiar mewah.

”Manajemen waktu yang ketat memegang peranan penting demi memenuhi batas waktu 90 menit demi menyiapkan satu set menu Continental Cuisines, sejak prepare bahan, proses memasang hingga mem-plating hasil masakan sebelum dihidangkan di meja tamu,” kata Kaprodi Perhotelan Tristar Group. Good job Bro & Sis. Super impressive …!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Tristar Cruise International Training Centre di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Tristar Group di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar