twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 17 Februari 2021

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Food Technology Bersama Chef Ernawati di Graha Tristar


Mahasiswa Culinary Art (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi Buat Mini Kekian dan Sambal Ikan Asin ala Industri

 

MAHASISWA Culinary Art (C1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi, kembali dibekali oleh Dosen Pengajar Food Technology Application Tristar Group Chef Ernawati M.MPar., teknik membuat Mini Kekian dan Sambal Ikan Asin, di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (11/02/2021) pagi.

 

Pada pertemuan pekan kedua itu, mahasiswa masih tampil antusias mengikuti acara cooking demo membuat dua resep olahan makanan yakni Mini Kekian dan Sambal Ikan Asin yang diolah dengan sentuhan Food Technology.

 

Seperti saat praktik membuat Industrial Chicken Nugget yang dilakukan pada pekan sebelumnya, maka praktik food technology kali ini juga tetap menitikberatkan pada pendekatan industri skala rumahan (home industry), sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya.

 

Menurut Chef Ernawati, Mini Kekian merupakan salah satu produk olahan yang masuk kategori frozen food, seperti halnya Chicken Nugget. Produk Mini Kekian yang ada di pasaran sekarang ini, juga membidik segmen pasar yang beragam mulai kelas bawah hingga menengah atas. Tidak salah jika produk olahan itu pun mutunya juga beragam dari yang yang kelas ekonomis hingga premium.

 

Menariknya, eksistensi Mini Kekian pun sampai saat ini tetap bertahan karena memang digemari konsumen. Frozen Food yang satu ini juga disuka ibu-ibu (muda) karena kepraktisannya alias tidak bikin ribet saat dimasak untuk menu sarapan pagi (breakfast) di rumah.

 

Irisan Mini Kekian –dengan ketebalan sekitar 0,5 cm dan dalam keadaan setengah matang—dioplos dengan telur yang sudah dikocok rata, lalu digoreng beberapa saat, untuk selanjutnya diangkat untuk ditiriskan minyaknya, maka Mini Kekian itu sudah bisa disajikan di atas meja makan.

 

Mini Kekian juga cocok diolah sebagai bahan-bahan lain saat Anda masak Soup, Sapo Tahu, Cap Cay, Mie Goreng (Fried Noodle) atau membuat Nasi Goreng (Fried Rice). Bahkan Mini Kekian juga bisa dikreasi dengan berbagai masakan dari Asia terutama Chinese Food, Japanese Food dan Korean Cuisines.

 

Demi membuat Mini Kekian yang superlezat (kelas middle up), maka bahan yang disiapkan adalah chicken fillet, chicken fat, peeled shrimp, egg, yam (di-chop), carrot (di-chop), leek (juga di-chop), tapioca, hard flour, salt, sugar, pepper, sesame oil, chicken powder, MSG, garlic fresh, kulit tahu merek Penang, aluminium foil roll. Mini Kekian yang dibuat rata-rata berukuran 150 gram untuk setiap roll-nya.

 

Selain diajarkan cara membuat Mini Kekian secara industrial, mahasiswa juga praktik membuat Sambal Ikan Asin. Bahan untuk membuat Sambal Ikan Asin seperti resepnya Bu Rudy, meliputi salty fish (hanya diambil dagingnya lalu di-fry), hot chilli, red chilli, shallot, garlic, shrimp cake, sugar, palm sugar, salt, MSG, tamarind, Na Metabisulfit (0,02 gram), Potassium Sorbat (0,2 gram) dan cooking oil.


Sebelum ikan asin yang sudah dipotong kecil-kecil dicampur jadi satu dalam penggorengan, semua bahan dan bumbu yang sudah dihalus (di-blender) digoreng hingga masak sempurna. Ditandai keluarnya minyak dari hasil pengolahan Sambal Ikan Asin tersebut.

 

”Sebelum dimasukkan dan dikemas dalam botol plastik @ berukuran 50-75 gram, maka Sambal Ikan Asin sebaiknya didinginkan lebih dulu 25-30 menitan. Kemudian tutup rapat botol plastik itu agar Sambal Ikan Asin bisa bertahan lama hingga satu bulan di tempat penyimpanan di dalam lemari es,” terang Chef Ernawati kepada anak didiknya, akhir pekan lalu.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar