twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 23 Februari 2021

Aksi Heboh Mahasiswa Praktik Masak Asian Cuisines di Graha Tristar Surabaya


Yangnyeom Tondak dan Hacmul Jeongol, Dua Menu Spesial Korean Food Persembahan Mahasiswa Culinary Art

 

PRAKTIK masak Asian Cuisines yang diikuti mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Siang kembali bergulir. Mereka pun tampil all out saat praktik masak dua resep masakan Korean Food, yakni Yangnyeom Tondak dan Hacmul Jeongol yang sedap bersama Dosen Pengajar Culinary Tristar Group, Chef Mario Alvin Yonathan. Praktik masak tersebut dihelat di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (15/02/2021) siang.

 

Sebanyak enam mahasiswa Culinary Art Class yang hadir siang itu dibagi dua tim (masing-masing beranggotakan tiga orang), untuk saling beradu plating saat masak dua menu Korean Food tersebut. Tujuannya demi membiasakan anak didiknya selalu tampil yang terbaik, sebelum hasil kreasi masakan itu disajikan di atas meja display produk untuk dinilai dosen pembimbing.

 

Selain itu demi memudahkan pekerjaan di kitchen, Chef Jo, sapaan akrab Mario Alvin Yonathan, menugaskan anak didiknya menyiapkan bahan masakan termasuk bumbunya untuk masak dua menu masakan khas dari Ginseng itu yakni Yangnyeom Tondak (Korean Spicy Chicken Wings) dan Hacmul Jeongol (Spicy Seafood Hot Pot) yang sedap, sesuai arahan dosen pengajar karena resepnya tidak tersaji di dalam Buku Ajar (Silabus) yang dipegang mahasiswa.

 

Untuk membuat Yangnyeom Tondak (Korean Spicy Chicken Wings), ada beberapa tahapan pekerjaan yang harus dijalankan. Pekerjaan tahap pertama adalah menyiapkan chicken wings yang sudah dibersihkan bulu-bulu halus. Sedangkan bumbu marinated-nya sendiri terdiri dari salt, pepper dan grated ginger. Ketiga bahan itu dioplos jadi satu bersama chicken wings.

 

Sedangkan pekerjaan tahap selanjutnya menyiapkan adonan potato starch dan flour segitiga biru dari Bogasari untuk mem-frying chicken wings yang sudah dibumbui tersebut hingga matang sempurna.

.

Selain menggoreng chicken wings, masing-masing tim juga diminta men-saute minced garlic dan chopper ginger hingga mengeluarkan aroma harum. Sementara itu bahan-bahan lain seperti soy sauce, mirim, gochujang, chilli sauce, tomato sauce, honey, sugar dan chilli powder dimasak dengan menambahkan water dan masak hingga kuah bumbu tersebut reduce tinggal 10-15 persennya saja bersama chicken wings.

 

”Sebelum Yangnyeom Tondak (Korean Spicy Chicken Wings) tersebut disajikan di meja display, maka masakan tersebut di-plating lebih dulu di atas piring dan diberi topping berupa parsley leaf dan ditaburi sesame seed yang telah disangrai lebih dulu dengan sesame oil,” terang Chef Jo kepada anak didiknya.

 

Sementara itu bahan yang dibutuhkan untuk membuat Hacmul Jeongol (Spicy Seafood Hot Pot) terdiri dari garlic (di-slice lebih dulu), shitake mushrooms di-boil lebih dulu sebelum di-slice), napa cabbage di-cut dengan ukuran sekitar 2 cm (bisa juga menggunakan sawi putih sebagai substitusinya napa cabbage.

 

Sedangkan garlic yang sudah di-minced dan ginger yang telah di-crushed lalu di-saute hingga mengeluarkan aroma harum baru tambahkan 750 ml kaldu ayam (chicken broth atau anchovy broth).

 

Bahan lain seperti savid (cumi-cumi) diiris bentuk ring atau cube, shrimp dibersihkan kulitnya (tail on) dan dibelah seperti bentuk butterfly, sedangkan clams (kerang) sendiri cukup dibersihkan saja sebelum ketiga bahan tersebut di-boil menjadi satu.

 

Sebelum semua bahan itu di-simmering bersama, maka anak didik Chef Jo juga diminta menyiapkan bahan pendukung lainnya mulai gochujang, kochukaru, green onion yang sudah di-cut dengan ukuran sekitar 2 cm, watercress yang sudah di-shredded lalu di-boil.

 

”Selain itu tambahkan juga soy sauce, lemon juice, salt dan pepper ketika Anda men-simmering semua bahan tersebut di atas dan angkat olahan Hacmul Jeongol (Spicy Seafood Hot Pot) itu jika sudah masak sempurna. Jangan lupa membiasakan diri untuk nge-taste setiap masakan yang Anda masak,” ujar Chef Jo, memberikan arahan.

 

Setelah semua pekerjaan di kitchen rampung, barulah masakan Hacmul Jeongol (Spicy Seafood Hot Pot) itu di-plating lebih dulu agar tampil cantik dan menarik saat disajikan di atas meja. Kedua tim diberi kesempatan untuk membuat dua kreasi plating-an yang secantik dan semenarik mungkin.


Hasil plating-an mahasiswa tersebut kemudian di-display di atas meja uji untuk dinilai dari tiga aspek, yakni tampilan, tekstur dan citarasanya. Penilaian ini mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.


”Penilaian ini agar mahasiswa terbiasa dengan sistem kerja di kitchen yang mengacu pada standar industri perhotelan. Untuk masakan setidaknya ada tiga kriteria yang menjadi tolak ukur, yakni tampilan, tekstur dan rasa,” pungkas Chef Jo kepada kru sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, kemarin.


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar