twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 25 Februari 2021

Aksi Seru Mahasiswa Belajar Teknik Menghias Kue Modern di Graha Tristar Surabaya

Mahasiswa Pastry Art Class Tampilkan Banana Caramel Entremet, Red Heart Entremet, Napoleon Cheese Roll Cake dan Klepon Roll Cake yang Elegan

 

 

MATERI praktik teknik menghias Modern Cakes juga diajarkan kepada mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi --yang sehari-hari diasuh Chef Dwi Mei Retnowati dan Chef Renny Savitri-- di kelas yang berbeda. Praktik menghias empat macam kreasi Modern Cakes dengan tampilan kekinian itu dihelat di Laboratorium Praktik Patisserie 1 dan 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (19/02/2021) pagi.

 

Pada pertemuan hari ketiga tersebut, mahasiswa Pastry Art Class diajarkan teknik membuat dan menghias empat kreasi Modern Cakes dengan tampilan kekinian, yakni Banana Caramel Entremet, Red Heart Entremet, Napoleon Cheese Roll Cake dan Klepon Roll Cake, yang elegan dan berkelas.

 

Untuk menghias Modern Cakes tahapan pekerjaan memang lebih ribet lagi dibanding saat membuat Classic Cakes karena masih ada penambahan hiasan kue modern dengan sejumlah ornament cantik dari chocolate compound dan mengaplikasikan mirror glazing agar permukaan atas cake-nya tampak mengkilap alias kinclong.


”Untuk tujuan ini tentu butuh keuletan dan kesabaran ekstra demi menuntaskan satu kreasi Modern Cakes yang elegan dan berkelas. Demi hasil terbaik maka tahapan pekerjaan menghias cake kekinian itu mesti dilakoni dengan benar,” kata Chef Renny Savitri di hadapan mahasiswa Pastry Art (P2) Akpar Majapahit Kelas Pagi.

 

Sebelum praktik, Dosen Pengajar Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi, Chef Dwi Mei Retnowati juga menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pengolahan dan cara menghias Modern Cakes di hadapan anak didiknya. Dalam kesempatan itu, Chef Mei juga me-refresh kembali Dasar-dasar Teknik Pengolahan Kue dan Cara Menghias Kue yang sudah diajarkan sebelumnya.

 

Untuk membuat Banana Caramel Entremet di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar, misalnya, mahasiswa diminta menyiapkan bahan-bahan untuk membuat adonan Banana Pound Cake, yakni butter, icing sugar, egg, medium flour, cornstarch, milk powder dan tambahkan beberapa tetes banana essence.

 

Pekerjaan tahap kedua adalah menyiapkan bahan untuk membuat Choco Banana Ganache, yakni memadukan choco milk compound dan fresh cream. Sedangkan tahapan pekerjaan selanjutnya, membuat Banana Caramel dengan memanfaatkan bahan seperti butter, sugar, palm sugar dan banana

 

Pekerjaan tahap keempat, mahasiswa diminta menyiapkan bahan untuk membuat Coconut Mousse-nya, dari white (chocolate) compound, coconut milk (santan Kara), whip cream, gelatine dan ditambahkan 40 gram water.

 

Selanjutnya membuat White Mirror Glaze, dengan menggunakan bahan yang meliputi water, sugar, glucose, condensed milk, gelatine + 50 gram water, white (chocolate) compound, coco butter (bisa diganti dengan white compound) dan tambahkan beberapa tetes white food coloring.

 

Pekerjaan berikutnya adalah membuat Spider Glazing yang bahannya terdiri dari jelly glaze, water, white food coloring dan yellow food coloring. Sementara itu untuk Garnish-nya sendiri, Anda bisa memanfaatkan chocolate milk compound disc, banana caramelized dan caramel art.


”Selain diajarkan membuat Banana Caramel Entremet, mahasiswa juga kami bekali teknik membuat Red Heart Entremet, Napoleon  Cheese Roll Cake dan Klepon Roll Cake,” kata Chef Mei di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar