twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 08 Februari 2021

Aksi Mahasiswa Praktik Masak Indonesian Cuisines Bersama Chef Ari Purwantoro


Lodho Gurami, Tumis Kangkung, Sambal Bawang dan Nasi Putih, Menu Populer Khas Trenggalek Persembahan Mahasiswa Culinary Art Class

 

 

PADA pertemuan hari keenam, Sabtu (06/02/2021) pagi, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, Chef Ari Purwantoro, kembali membekali anak didiknya tiga menu populer masakan Indonesian Cuisines, yakni Lodho Gurami, Tumis Kangkung dan Sambal Bawang lengkap dengan Nasi Putih-nya. Praktik masak tersebut digelar di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Sajian makanan Lodho Gurami ini merupakan salah satu kreasi masakan dari Trenggalek, salah satu kota di Pesisir Selatan Jatim. Lodho Gurami merupakan hasil kreasi baru dari masakan tradisional khas Trenggalek, yang sebelumnya orang lebih mengenal Lodho Ayam yang legendaris.

 

Keunikan dan citarasa khas Lodho Gurami ini juga menjadi daya tarik untuk diangkat menjadi salah satu materi praktik masak Indonesian Cuisines yang wajib dipelajari mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit (Trstar Group), sekaligus menambah pengetahuan bagi mahasiswa atas warisan budaya kuliner tradisional Nusantara yang telah mendunia.

 

Sebelum praktik masak pada hari keenam tersebut, Chef Ari menerangkan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk masak menu pertama, Lodho Gurami. Untuk membuat Lodho Gurami yang bercita rasa pedas-pedas enak, maka bahannya adalah gurami (bersihkan sisiknya dan potong menjadi tiga bagian), coconut milk, shallot, garlic, candlenut, corriender, cumin, pepper, turmeric, hot chilli, galangal, ginger, kaffir lime leaf, sugar dan salt.

 

Gurami yang sudah dipotong jadi tiga bagian diberi seasoning lebih dulu sebelum digoreng sampai matang (deep fry). Bumbu jangkep yang terdiri dari shallot, garlic, candlenut, corriander, cumin, pepper, turmeric, hot chilli, sugar dan salt dihaluskan hingga membentuk paste, selanjutnya bumbu itu di-saute sampai mengeluarkan aroma harum.

 

Selanjutnya masukkan galangal dan ginger yang sudah dimemarkan bersama kaffir lime leaf dan coconut milk hingga mendidih baru guraminya dimasukkan juga. Masak hingga kuah bumbunya reduce tinggal 15-20 persennya saja baru olahan Lodho Gurami tersebut diangkat dari kompor.

 

Sementara itu untuk menu kedua, mahasiswa diminta menyiapkan bahan berikut bumbunya demi masak Tumis Kangkung yang segar, yakni water spinach (petik tangkai daunnya dan cuci hingga bersih), shallot dan garlic (di-slice lebih dulu baru di-saute hingga aromanya harum). Lalu berikan shrimp cake baru disusul daun kangkung-nya dimasukkan saat proses menumis dengan menambahkan sedikit air dan kecap manis secukupnya.

 

Selama proses menumis kangkung, mahasiswa yang lain juga diminta menanak Nasi Putih dan menyiapkan bahan untuk membuat Sambal Bawang sebagai condiment-nya. Bahan untuk membuat sambal tersebut meliputi hot chilli, shallot, garlic, red chilli dihaluskan hingga membentuk paste kemudian tetesi dengan minyak panas berasap).  Selain itu tambahkan juga dengan shrimp cake, kaffir leaf dan salt secukupnya agar cita rasa sambalnya benar-benar nendang.

 

”Setelah semua menu masakan sudah jadi, selanjutnya sajikan Lodho Gurami, Tumis Kangkung, Sambal Bawang berikut Nasi Putih-nya dalam satu piring yang sudah dihias lebih dulu agar tampilannya terlihat menarik dan berkelas,” pungkas Chef Ari Purwantoro kepada anak didiknya.


Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar