twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 28 Februari 2021

Asyiknya Praktik Food Technology Applications Bersama Chef Endang Sri Rahajoe

Mahasiswa Diajarkan Cara Buat Corn Dog, Makanan Cepat Saji Kekinian di Laboratorium Praktik Graha Tristar


MAHASISWA Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Siang, dibekali teknik membuat Corn Dog, makanan cepat saji yang superenak, di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (22/02/2021) siang. Selama praktik tersebut, mahasiswa di dampingi Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Endang Sri Rahajoe M.MPar.

 

Pada pertemuan pekan terakhir tersebut, Chef Endang mendampingi anak didiknya praktik membuat Corn Dog, yang belakangan mulai disuka konsumen, karena makanan cepat saji ini bisa menjadi alternatif di luar jajanan kekinian lainnya seperti Cireng, Cilok, Salote, Telur Gulung dan Sosis Bakar berikut sauce-nya.

 

Di negeri Paman Sam (Amerika Serikat), Corn Dog termasuk makanan cepat saji, seperti Hot Dog. Hanya bedanya jajanan kekinian tersebut dilapisi dengan adonan tepung jagung, sehingga disebut Corn Dog. Sedangkan di Indonesia sendiri khususnya Surabaya, Corn Dog masuk kelompok snack (camilan) kekinian yang namanya baru bersinar akhir-akhir ini.

 

Belakangan ini nama Corn Dog semakin populer di kalangan Anak Baru Gede (ABG) itu juga dipraktikkan oleh mahasiswa Pastry Art Class di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya, dengan sentuhan Food Technology bersama Chef Endang Sri Rahajoe.

 

Menariknya, fakta nutrisi dari Corn Dog, seperti yang dipublikasi USDA, setiap 100 gram Corn Dog, mengandung Kalori 262 kcal., jumlah Lemak 11 gram (lemak jenuh 2,9 gram), lemak tidak jenuh ganda 2 gram dan lemak tidak jenuh tunggal 5 gram).


Corn Dog juga mengandung Kolesterol 45 mg, Natrium 556 mg, Kalium 150 mg, jumlah Karbohidrat 32 gram, Protein 10 gram, vitamin A 118 IU, Kalsium 58 mg, Zat Besi 3,5 mg, vitamin B6 0,1 mg, vitamin B12 0,3 ug dan Magnesium 10 mg.

 

 

Menurut Chef Endang, bahan yang dibutuhkan untuk membuat Corn Dog adalah medium flour, icing sugar, baking powder, yeast instan, salt, susu cair, egg, butter, oil, sausage (sosis), mozzarella (keju) dan skewers (tusuk bambu).

 

Untuk membuat Corn Dog, ada beberapa tahapan pekerjaan yang harus dijalani. Pertama, menyiapkan memotong sosis menjadi beberapa bagian. Begitu juga keju mozzarella dipotong cube. Sosis dan keju berbentuk kubus itu lalu ditusuk dengan bambu (skewers) seperti membuat sate.

 

Tahapan pekerjaan berikutnya adalah membuat adonan tepung jagung atau medium flour di-mix bersama icing sugar, baking powder, yeast instan, salt secukupnya, susu cair, egg dan butter hingga adonan tersebut merata.


 

Selanjutnya Corn Dog yang sudah dilapisi adonan tepung jagung digoreng di atas minyak panas sampai matang yang ditandai dengan warnanya berubah menjadi kecoklatan.


”Sementara itu untuk penyajian di atas piring agar kelihatan cantilk, menarik dan berkelas, maka Corn Dog itu bisa dipadupadankan dengan chili sauce, mayonnaise dan garnish-nya sendiri dengan memanfaatkan parsley leaf dan tomato cherry,” terang Chef Endang Sri Rahajoe kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar