twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 17 Februari 2021

Aksi Seru Mahasiswa Praktik Food Technology Bersama Chef Ernawati di Graha Tristar


Mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi Giliran Diajarkan Buat Cireng Crispy Premium 


GILIRAN mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi, dibekali oleh Dosen Pengajar Food Technology Application Tristar Group Chef Ernawati M.MPar., cara membuat Cireng Crispy Premium yang gurih, di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (15/02/2021) pagi. 

 

Pada pertemuan pekan pertama itu, sebanyak 13 orang mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu kompak mengikuti acara cooking demo membuat Cireng Crispy Premium yang diolah dengan pendekatan Food Technology.

 

Seperti yang dilakukan mahasiswa Culinary Art Class pekan sebelumnya, maka praktik food technology kali ini juga tetap menitikberatkan pada pendekatan industri skala rumahan (home industry), sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya.

 

Menurut Chef Ernawati, Cireng Crispy Premium merupakan salah satu produk olahan yang masuk kategori frozen food, seperti halnya Kekian, Sausage, Meat Ball, Chicken Nugget. Produk Cireng Crispy Premium ini membidik segmen pasar menengah atas, sedangkan Cireng Ekonomis menyasar pasar untuk kelas bawah yang memang market share-nya cukup besar.

 

Menariknya, eksistensi Cireng Ekonomis maupun Cireng Crispy Premium sama-sama mampu bertahan sesuai segmen pasarnya masing-masing. Tak salah jika frozen food yang satu ini juga disuka hampir semua lapisan umur terutama anak-anak, remaja dan ibu-ibu (muda) karena kepraktisannya alias tidak bikin ribet saat dimasak untuk camilan di rumah.

 

Demi membuat Cireng Crispy Premium yang supersedap (menyasar segmen pasar kelas middle up), maka bahan yang disiapkan adalah tapioca, water, garlic powder, salt, chicken powder, MSG, tapioca, spring onion (yang sudah di-chop lebih dulu), tepung batter mix, bread crumb, minyak goreg dan kertas merang (untuk meniriskan minyak dari sisa hasil penggorengan), sedangkan filling-nya berupa mozzarella dan sausage. Untuk penyajiannya bisa menambah tomato sauce, chilli sauce dan mayonnaise.

 

Jika di pasaran ada Cireng Ekonomis karena tidak ada filling-nya berupa mozzarella dan sausage tanpa ditaburi bread crumb (remahan roti tawar). Jika sebelum digoreng Cireng Ekonomis itu ditaburi bread crumb sampai merata, tujuannya agar citarasanya gurih dan crispy banget di bagian luarnya, sedangkan di bagian dalam teksturnya lentur ciri khas tapioca.

 

”Namun jika Anda ingin membuat Cireng Crispy Premium rasa original, maka saat membuat Cireng tidak perlu ditaburi bread crumb, sehingga tampilannya tetap berwarna putih tidak kekuningan seperti halnya kalau Cireng Crispy Premium itu ditaburi bread crumb,” pungkasnya.

 

Anda ingin mencoba buka usaha skala rumahan dengan memproduksi Cireng Ekonomis maupun Cireng Crispy Premium, jangan ditunda-tunda lagi. Yuk wujudkan mimpi kamu dan lakukan saat ini juga! Good jobs bro ….

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar