twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 09 Februari 2021

Aksi Seru Mahasiswa Praktik Food Technology Bersama Chef Rachma di Graha Tristar


Gurihnya Industrial Chicken Nugget yang Dibuat Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi

 

MAHASISWA Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Terakreditasi A Kelas Pagi, antusias belajar membuat Industrial Chicken Nugget yang gurih bersama Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group Rachma Nur Devianti STP., M.MPar., di Laboratorium Praktik Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Sabtu (06/02/2021) pagi.

 

Keceriaan mahasiswa Culinary Art tampak saat mereka mengikuti acara cooking demo membuat satu resep olahan makanan --masuk kategori frozen food— yang diolah dengan pendekatan Food Technology. Cara membuat Industrial Chicken Nugget ini merupakan materi praktik Food Technology pekan pertama bersama Chef Rachma.


Praktik membuat Chicken Nugget ini tetap menitikberatkan pada pendekatan industri skala rumahan (home industry), sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.


Produk Chicken Nugget yang ada di pasaran saat ini, membidik segmen pasar yang beragam mulai kelas bawah hingga menengah atas. Tidak salah jika produk olahan itu pun kualitasnya juga beragam dari yang yang kelas ekonomis hingga premium.

 

Mengonsumsi Chicken Nugget juga dianjurkan karena kandungan gizinya cukup lengkap. Berdasarkan fakta nutrisinya seperti dikutip dari United State Department of Agricultural (USDA), setiap 100 gram Chicken Nugget mengandung 295 Kalori (kcal), jumlah Lemak 20 gram (lemak jenuh 4,0 gram, lemak tak jenuh ganda 4,4 gram dan lemak tak jenuh tunggal 5,0 gram), 43 mg Kolesterol, 557 mg Natrium dan 265 mg Kalium.

 

Sedangkan jumlah Karbohidrat 14 gram (dengan kadar serat pangan 2,1 gram dan gula 0), 15 gram Protein, 31 mg Kalsium, 1,2 mg Zat Besi, 11 IU vitamin D, 0,2 mg vitamin B6, 0,1 ug vitamin B12 dan 26 mg Magnesium.

 

Manfaat mengonsumsi Chicken Nugget bagi kesehatan antara lain menambah massa otot, menjaga keseimbangan kolesterol tubuh, meningkatkan nafsu makan, mencegah anemia karena mengandung zat besi, baik untuk pertumbuhan anak dan meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

 

Tak salah jika eksistensi Chicken Nugget pun tetap bertahan hingga saat ini karena memang disuka konsumen. Chicken Nugget yang masuk kategori Frozen Food itu selain disuka ibu-ibu (muda) karena kepraktisannya alias tidak bikin ribet saat dimasak untuk menu sarapan pagi (breakfast), juga menjadi ladang bisnis baru bagi pedagang makanan keliling untuk menjajakan gorengan Chicken Nugget dan bersaing ketat dengan Sausage, Corndog, Tahu Bakso, Cireng, Siomay dan Penthol.

 

Demi membuat Industrial Chicken Nugget yang gurih, maka bahan yang wajib disiapkan adalah chicken fillet, chicken skin, ice cubes, tapioca, isolates soy protein (ISP), STPP, garlic powder, MSG, salt, sugar, pepper, soft flour, cornstarch, batter mix flour dan bread crumb mix dan kertas merang untuk mengurangi kandungan minyak usai penggorengan.


Sedangkan untuk penyajiannya di atas piring bisa ditambahkan chili sauce, tomato sauce dan mayonnaise, sehingga tampilannya semakin keren dan menarik. Dalam praktik kali ini, Chef Rachma mempersilakan anak didiknya, Dicky Tanujaya, untuk mem-plating dan meng-garnish agar tampilan Chicken Nugget itu semakin cantik, menarik dan berkelas saat disajikan di meja display.


 

”Namun jika orientasinya untuk industri rumahan, maka Chicken Nugget dalam kondisi setengah matang lalu dikemas dalam vacuum plastic dan disimpan dalam freezer agar tahan sampai sebulan bahkan lebih,” Chef Rachma kepada www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

 

Selain diajarkan cara membuat Industrial Chicken Nugget, pada pertemuan selanjutnya mahasiswa juga akan dibekali teknik membuat empat produk Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) yang lainnya, yakni Mini Kekian, Sambal Ikan Asin, Bakso (Meat Ball) dan Jamur Crispy.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar