twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 25 Februari 2021

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Masak Indonesian Cuisines Bersama Chef Ari

Mahasiswa Culinary Art Persembahkan Dendeng Ragi, Nasi Uduk, Sambal Bajak dan Lalapan, Menu Khas Jawa Timuran

 

UNTUK kali kesekian, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, Chef Ari Purwantoro, membekali anak didiknya tiga menu masakan Indonesian Cuisines khas Jawa Timuran, yakni Dendeng Ragi, Nasi Uduk, Sambal Bajak lengkap dengan Lalapan-nya, ketika praktik masak tersebut digelar di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (19/02/2021) pagi.

 

Sajian makanan Dendeng Ragi ini merupakan salah satu kreasi masakan tradisional khas Jawa Timuran yang sudah demikian melegenda. Dendeng Ragi pas banget jika dipadupadankan dengan Nasi Uduk yang gurih bersama Sambal Bajak berikut Lalapan-nya yang masih fresh.

 

Keunikan dan citarasa khas Dendeng Ragi ini pun layak diangkat menjadi salah satu materi praktik masak Indonesian Cuisines yang wajib dipelajari mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit (Tristar Group), sekaligus menambah pengetahuan bagi mahasiswa atas warisan budaya kuliner tradisional Nusantara yang sudah berjalan turun-temurun.

 

Sebelum praktik masak pada tatap muka hari kedelapan tersebut, Chef Ari menerangkan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk masak menu pertama, Dendeng Ragi. Pengolahan Dendeng Ragi sekilas mirip cara membuat Serundeng dari kelapa muda yang ditambahkan dengan irisan tipis daging sapi.

 

Untuk membuat Dendeng Ragi yang tekstur dagingnya lembut dan bercita rasa sedap, maka bahannya adalah beef (di-slice tipis melawan seratnya), whole coconut (daging buah kelapa utuh lalu diparut), shallot, garlic, candlenut, coriander, red chilli, turmeric, galangal, salam leaf, palm sugar (brown sugar), salt dan coconut water.

 

Bumbu yang sudah dihaluskan lalu di-saute sampai mengeluarkan aroma harum. Selanjutnya parutan kelapa muda dan coconut water itu dimasukkan bersama dengan beef yang sudah di-slice sebelumnya, Masak sampai kaldu bumbunya reduce hingga tinggal 3-5 persen saja baru diangkat, setelah Anda memastikan bahwa olahan daging sapinya sudah masak, teksturnya empuk dan warna Dendeng Ragi itu berubah menjadi kecoklatan.


Sementara itu untuk menu kedua, mahasiswa diminta menyiapkan bahan berikut bumbunya demi masak Nasi Uduk yang gurihnya nendang, yakni rice yang sudah diuleni dengan coconut milk dan oil. Sedangkan bumbu (spices)-nya meliputi shallot, garlic, salam leaves dan salt.


 

Selama proses menanak Nasi Uduk, mahasiswa yang lain juga diminta menyiapkan bahan untuk membuat Sambal Bajak sebagai condiment-nya. Bahan untuk membuat sambal tersebut terdiri dari tomato, garlic, shallot, red chilli, hot chilli, shrimp cake (terasi), tamarind paste, serta tambahkan coconut sugar dan salt (untuk  taste-nya).

 

”Selain itu Anda siapkan juga Lalapan berupa dedaunan dan sayuran masih segar seperti cucumber, local basil (daun kemangi), tomato dan butterhead lettuce (daun selada),” ujar Chef Ari Purwantoro kepada anak didiknya, akhir pekan lalu.


Setelah semua menu masakan sudah jadi, selanjutnya sajikan Nasi Uduk, Dendeng Ragi, Sambal Bajak berikut Lalapan-nya dalam satu piring yang sudah dihias lebih dulu agar tampilannya terlihat cantik, menarik dan berkelas, seperti yang biasa dihidangkan di hotel-hotel berbintang maupun restoran ternama.


Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar